get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

7 Cara Ampuh Atasi Masuk Angin, Simak Selengkapnya!

Minggu, 05 Maret 2023 | 21:00 WIB
header img
7 Cara Ampuh Atasi Masuk Angin (Foto : istimewa)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Masuk Angin merupakan istilah yang digunakan oleh sejumlah masyarakat di Indonesia untuk menjelaskan adanya ketidaknyamanan dalam tubuh.

Rasa tidak nyaman tersebut kerap kali ditandai dengan demam, pegal-pegal, rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh yang disertai perut kembung. Dan penyebab masuk angin sendiri kurang lebih mirip dengan flu.

Tapi, tidak perlu khawatir. Merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa cara untuk mengatasi masuk angin. Simak selengkapnya :

1.Menjaga kelembapan udara

Menjaga kelembapan udara juga dapat dilakukan dengan memberikan alat penguap atau pelembap kabut. Hal ini dilakukan untuk membantu mengganti udara dalam ruangan setiap harinya sehingga dapat tersirkulasi dengan baik.

2.Mengonsumsi makanan hangat

Mengonsumsi makanan hangat, seperti sup ayam atau makanan berkuah lainnya mampu memberikan ketenangan dan kehangatan pada tubuh. Selain itu, meminum air atau teh hangat juga disarankan untuk membantu memberi ketenangan pada tubuh dan mengurangi dehidrasi.

3.Konsumsi cairan dengan cukup

Perbanyaklah minum air putih, jus, sup berkaldu, atau air lemon hangat dengan madu untuk membantu mencegah dehidrasi. Hindari konsumsi alkohol, kopi, dan soda yang dapat membuat dehidrasi tubuh semakin parah.

4.Konsumsi makanan bergizi

Ini seperti minum air putih, walaupun tenggorokan tidak enak menelan, Anda harus tetap makan makanan bergizi. Makanan bergizi akan membantu sel darah putih melawan bakteri atau virus yang ada pada tubuh. Pastikan Anda memakan makanan seperti sayur dan buah-buahan.

5.Istirahat

Istirahat merupakan salah satu pengobatan yang paling ampuh untuk meredakan masuk angin. Tubuh memerlukan waktu yang lebih untuk beristirahat agar dapat sembuh. Menambahkan beberapa jam istirahat di siang hari akan sangat membantu memulihkan kondisi tubuh.

6.Kerokan

Metode penyembuhan tradisional ini banyak dipilih untuk mengatasi masuk angin. Masuk angin dilakukan dengan cara mengerok punggung yang sudah diolesi minyak angin. Biasanya kerokan dilakukan menggunakan uang koin, sendok, atau bawang.

7.Minum obat

Minum obat, seperti asetaminofen dan ibuprofen mampu membantu meredakan rasa nyeri yang menyerang. Berkumur dengan air hangat dengan dicampur seperempat atau setengah sendok teh garam dapat membantu meredakan rasa sakit tenggorokan. Selain itu, Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan obat dan dosis yang tepat terkait obat masuk angin.

Artikel ini telah diterbitkan pada Link : (https://health.okezone.com/read/2022/02/23/481/2551975/7-cara-mengatasi-masuk-angin-tanpa-obat-gak-cuma-kerokan?page=2)

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut