get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

7 Proyek Besar Arab Saudi yang Mengejutkan Dunia

Minggu, 26 Februari 2023 | 16:09 WIB
header img
The Mukaab (Foto: The Mukaab)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Arab Saudi sedang melakukan upaya besar-besaran untuk meningkatkan pertumbuhan ekonominya dan menjadi kekuatan ekonomi global.

Negara Petro Dollar tersebut telah mengumumkan beberapa rencana peluncuran proyek besar yang ambisius.

Dengan menginvestasikan miliaran dolar, kerajaan tersebut mulai memperluas perekonomiannya dari sektor minyak, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan statusnya sebagai pusat perdagangan dan pariwisata terkemuka di dunia.

Berikut rangkumkan 7 mega proyek 'gila' Arab Saudi seperti dikutip dari laman Arabian Business:

1.    Proyek Read Sea

Red Sea Project atau Proyek Laut Merah terletak di antara kota pesisir Umluj dan Al Wajh.

Proyek ini akan terdiri dari kepulauan alami, gurun, pegunungan, serta situs arkeologi yang tersebar di lahan seluas 30 ribu kilometer persegi.

Diperkirakan bahwa garis pantai sepanjang 200 kilometer yang masih asli akan menjadi salah satu resor wisata berkelanjutan yang paling sukses di dunia.

Proyek Read Sea yang direncanakan akan selesai pada tahun 2030 akan menawarkan 8.000 kamar hotel baru dan menjadi resor pertama di wilayah tersebut yang terintegrasi sepenuhnya, mewah, dan memiliki berbagai fasilitas.

2.    AMALA

Amala adalah proyek besar pembangunan berkelanjutan. Salah satu tujuannya adalah untuk membentuk Read Sea Global (RSG), yang bekerja sama dengan Perusahaan Pengembangan Laut Merah

Amala juga akan membentuk jantung Riviera Timur Tengah dengan cakupan lahan seluas 3.800 kilometer persegi. Ini diharapkan menjadi tujuan perhotelan terkemuka di peta global.

Akan ada 14 hotel top dunia, lebih dari 800 villa hunian, apartemen, dan rumah perkebunan yang ditampilkan dalam proyek ini.

Selain itu ada juga 200 perusahaan mode kelas atas, akademi seni, dan berbagai galeri, atelier, dan ruang kerja ahli.

3.    AlUlA

AlUla adalah rumah bagi beberapa situs budaya kuno dunia, pegunungan, batu pasir, dan oasis. Situs warisan ini sudah berusia lebih dari 200 ribu tahun.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman memimpin upaya untuk mengubah situs AlUla menjadi tujuan internasional melalui masterplan 'Journey through Time'.

Selain itu, Royal Commission for AlUla (RCU) akan ditingkatkan dengan investasi minimal $32 miliar atau sekitar Rp486,6 triliun, yang diharapkan dapat meningkatkan PDB nasional. Pada tahun 2035, proyek ini diperkirakan akan menciptakan lapangan kerja untuk 38 ribu orang

4.    The Mukaab

Public Investment Fund (PIF) telah mengumumkan proyek baru, dan menjanjikannya menjadi pusat kota modern terbesar di dunia. Memiliki ukuran fantastis, proyek The Mukaab ini bisa menampung 10 Gedung Empire State.

The Mukaab adalah bangunan berbentuk kubus mirip Kakbah setinggi 400 meter dan lebar 400 meter yang sempat menggegerkan dunia. The Mukaab nantinya diproyeksikan menjadi pusat kota baru di Riyadh.

The Mukaab akan dirancang dengan gaya arsitektur Najdi modern yang dipadukan dengan elemen futuristik. Menurut pengembangnya, The Mukaab juga akan menampilkan 'lingkungan yang selalu berubah' dengan menggunakan teknologi digital dan virtual untuk membuat tampilan holografik dengan lanskap perkotaan di sekitarnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut