get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar, Begini Caranya,  Jangan Asal! 

Kamis, 23 Februari 2023 | 15:03 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Thekitchn)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Salah satu peralatan rumah tangga yang paling penting dan tidak bisa dibantah adalah hadirnya  kulkas alias lemari pendingin.

Sebagaimana diketahui dengan adanya kulkas, maka makanan baik yang sudah diolah ataupun bahan makanan yang masih mentah bisa tersimpan aman.

Namun berbicara  soal penyimpanan makanan di lemari pendingin, pernahkah kita berfikir apakah selama ini kita sudah menyimpan makanan di kulkas dengan cara yang tepat? Jika masih bingung, maka tidak ada salahnya untuk membaca ulasan soal poin-poin penting soal menyimpan makanan di kulkas di bawah ini terlebih dahulu.

1. Menyimpan makanan mentah dingin, diproses, ataupun dikemas harus sesuai dengan jenis dan kebutuhan makanan itu sendiri.

2. Suhu temperatur kulkas harus berada di titik suhu -5 derajat celcius.

3.Sedangkan suhu temperatur bagian freezer dikatakan harus dijaga di titik suhu -18 derajat celcius.

4. Makanan yang hendak ingin disimpan dalam lemari pendingin, harus dibuat dalam bentuk porsi –porsi yang kecil. Mengapa? Karena hal ini untuk memastikan pendinginan yang seragam.

5. Buah yang baru dipotong atau diolah jadi jus, pada dasarnya harus segera langsung dikonsumsi. Namun, bisa tetap disimpan di lemari es dengan wadah tertutup rapat dengan catatan, dalam waktu yang singkat.

6. Makanan matang yang dikonsumsi di kemudian waktu, sebelum disimpan di lemari es terlebih dahulu harus didinginkan. Sebaiknya, beri label paket makanan dengan tanggal menggunakan stiker untuk melacak makanan yang disimpan ini.

7. Letak penataan dalam menyimpan berbagai jenis makanan di kulkas juga harus diperhatikan loh. Ingat, ketika menyimpan di dalam kulkas, maka simpanlah makanan matang di rak bagian atas, sedangkan bahan makanan mentah di rak bagian bawah.

8.Makanan yang berpotensi berbahaya seperti daging, ikan dan daging unggas dikatakan idealnya disimpan beku dengan suhu pada atau di bawah -18 derajat celcius, tetapi bisa juga didinginkan pada atau di bawah 5 derajat celsius. Wadah untuk menyimpan bahan-bahan makanan di atas harus ditutup rapat, dan diletakkan dengan posisi di bawah rak penyimpanan makanan yang telah dimasak (makanan matang).

9. Makanan yang dimasak sebelumnya (pre-cooked) seperti kentang goreng itu disebutkan tetap harus disimpan beku di dalam freezer. Demikian seperti dilansir Timesofindia, Jumat (18/5/2018).

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut