get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ini Cara Penanganan yang Tepat bagi Penderita Sinusitis

Jum'at, 17 Februari 2023 | 16:32 WIB
header img
Ilustrasi sinusitis. (Foto: Diana Grytsku/Freepik)

Selanjutnya, ia menyarankan untuk penderita dengan gejala awal sinusitis menjaga daya tahan tubuh dengan minum vitamin C dan zinc. Kedua kandungan vitamin dan mineral itu diketahui dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Langkah terakhir yang bisa dilakukan oleh penderita sinusitis adalah dengan rutin mencuci hidung. "Ini yang paling penting, setidaknya dilakukan tiga kali satu hari untuk menghilangkan sumbatan- sumbatan yang ada di rongga hidung," ujar dokter yang juga tergabung dalam Perhimpunan Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia (PERHATI-KL) itu.

Adapun beberapa gejala yang dirasakan pada penderita sinusitis dimulai dari hidung tersumbat sehingga menyebabkan pernafasan tidak lancar. Lalu penderita sinusitis memiliki ingus yang berwarna kuning atau kehijauan.

Batuk di pagi atau malam hari serta nyeri di bagian wajah juga termasuk dalam gejala sinusitis sehingga harus diwaspadai.

"Sinusitis terdiri dari dua jenis ada yang akut dan kronis, jika tidak bisa disembuhkan dengan penanganan awal maka segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut," pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut