get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ini Cara Penanganan yang Tepat bagi Penderita Sinusitis

Jum'at, 17 Februari 2023 | 16:32 WIB
header img
Ilustrasi sinusitis. (Foto: Diana Grytsku/Freepik)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Jika Anda mengalami gejala sinusitis, ada beberapa tips untuk penanganan yang tepat saat di rumah  Mulai pemberian obat ringan sampai menambah asupan vitamin dan mineral.

Dokter spesialis telinga-hidung-tenggorok (THT) Hemastia Manuhara dalam webinar, seperti dikutip dari Antara, Kamis (6/5/2021) mengatakan jika baru merasakan gejala awal, ada baiknya penanganan awal dengan pemberian obat dekongestan. Sekitar 10 hari sampai gejalanya hilang.

Perlu diketahui Sinusitis adalah penyakit peradangan yang terjadi pada hidung dan menyebabkan tersumbat. Oleh karena itu, pemberian obat dekongestan sebagai obat pereda peradangan dapat menangani hidung tersumbat, misalnya seperti obat flu dengan kandungan pseudoefedrin.

Kemudian bagi orang yang mengalami gejala awal sinusitis berupa nyeri pada bagian wajah dan mengalami sumbatan di hidung disarankan juga mengonsumsi paracetamol.

"Meski tidak mengalami demam, dengan meminum paracetamol dapat meringankan nyeri di bagian wajah karena mengandung antinyeri," ujar dr Hemastia.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut