get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ini Kisahnya, Benarkah Nabi Yusuf Nikahi Siti Zulaikha?

Rabu, 08 Februari 2023 | 16:25 WIB
header img
Kaligrafi (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - KISAH perjalanan hidup para nabi telah banyak menjadi teladan dan panutan dalam kehidupan kita sehari-hari. Yang tak lepas dari itu ialah kisah Nabi Yusuf 'alaihissalam dan Siti Zulaikha.

Dikisahkan bahwa akhirnya dapat bersatu dalam pernikahan, kisah ini menjadi contoh hingga tak jarang disebutkan dalam panjatan doa saat menikah oleh para ahli agama agar berjodoh layaknya Nabi Yusuf dan Siti Zulaikha.

Pimpinan Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah, Cirebon, KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya menceritakan sekelumit kisah hubungan Nabi Yusuf dan Zulaikha. Ia menyebut tidak ada riwayat yang menyebutkan detail pernikahan dua insan tersebut.

“Tidak ada riwayat yang shahih atau benar dari Nabi tentang pernikahan Yusuf dan Zulaikha. Yang jelas dalam Alquran hanya disebutkan Imra'atul Aziz, atau Zulaikha, yang merupakan seorang pemimpin Mesir, sempat gandrung kepada Sayyidina Yusuf karena ketampanannya. Ditemukan dari sumur setelah dibuang oleh saudara-saudaranya, lalu diambil oleh pihak kerajaan dan dibesarkan sampai tumbuh dewasa dan tampan. Terpesonalah perempuan ini,” kata Buya Yahya, dikutip dari channel YouTube Al-Bahjah TV, Senin (20/7/2020).

Karenanya, muncul keinginan buruk Zulaikha untuk melakukan kehinaan dengan Nabi Yusuf. Namun, Nabi Yusuf dijaga oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala dan dengan tangguh menolak ajakan maksiat tersebut. Bahkan Nabi Yusuf memilih untuk dipenjara karena menurutnya itulah yang jauh lebih baik daripada harus melakukan sebuah perilaku dosa tersebut.

Dikisahkan setelah beberapa tahun, Nabi Yusuf akhirnya bebas dari penjara. Berakhir pula kisah Al Aziz Sang Raja Mesir karena meninggal dunia, lalu langsung digantikan oleh Nabi Yusuf yang naik takhta.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut