get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Peristiwa Bersejarah yang Terjadi 5 Februari, Apollo 14 Mendarat di Bulan hingga Lahirnya Cristiano

Minggu, 05 Februari 2023 | 12:22 WIB
header img
Manusia mendarat di Bulan. (Ilustrasi/NASA)

JAKARTA,iNewsKarawang.id - Pada 5 Febuari terjadi sejumlah peristiwa bersejarah baik di dalam maupun di luar negeri. Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi pada 5 Februari, sebagaimana dirangkum dari Wikipedia :


1. Apollo 14 mendarat di bulan

Apollo 14 merupakan misi pesawat ruang angkasa berawak kedelapan dalam program Apollo Amerika Serikat, dan yang ketiga untuk mendarat di Bulan. Apollo 14 adalah misi yang terakhir dari pendaratan "misi H" yang ditargetkan dengan dua hari tetap di Bulan dengan dua lunar EVA, atau moonwalks.

Komandan Alan Shepard, Command Module Pilot Stuart Roosa, dan Lunar Module Pilot Edgar Mitchell diluncurkan pada misi sembilan hari mereka pada 31 Januari 1971 16:04:02 waktu setempat setelah 40 menit, 2 detik delay.

Shepard dan Mitchell membuat pendaratan lunar mereka pada 5 Februari dalam Fra Mauro. Ini awalnya menjadi sasaran yang dibatalkan pada misi Apollo 13.

Selama di dalam dua lunar EVA, 42 kilogram (93 pon) batu bulan dikumpulkan dan beberapa eksperimen permukaan, termasuk studi seismik. Shepard terkenal memukul 2 bola golf di permukaan bulan dengan klub darurat yang dibawanya dari Bumi. Shepard dan Mitchell menghabiskan sekitar 33 jam di Bulan, dengan sekitar 9 ½ jam pada EVA.

Sementara Shepard dan Mitchell berada di permukaan, Roosa tetap di orbit lunar kapal Modul Command/Service, melakukan eksperimen ilmiah dan memotret Bulan. Dia mengambil beberapa ratusan biji pada misi, banyak yang berkecambah saat kembali, sehingga disebut pohon Bulan. Shepard, Roosa, dan Mitchell mendarat di Samudra Pasifik pada 9 Februari.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut