Logo Network
Network

6 Deretan Manfaat Bawang Hitam bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mengontrol Gula Darah

Kiki Oktaliani/Elsa Tiara Novanti
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 20:19 WIB
6 Deretan Manfaat Bawang Hitam bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mengontrol Gula Darah
Ilustrasi bawang hitam. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai manfaat bawang hitam bagi kesehatan tubuh. Pernahkah Anda melihat bawang hitam? Bawang hitam merupakan salah satu bahan makanan yang mempunyai antioksidan tinggi. Maka tak heran bawang hitam memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya dapat menurunkan risiko kanker seperti kanker perut, kanker payudara, pankreas, kerongkongan dan lainnya.

Bawang yang sudah dikenal biasanya bawang merah, bawang putih. Bawang hitam belum cukup dikenal oleh masyarakat. Bawang hitam adalah hasil dari fermentasi bawang putih segar yang masih mentah.

Bawang akan disimpan pada suhu antara 60 sampai 77 derajat celcius selama sekitar 30 hingga 90 hari. Dalam prosesnya tersebut, akan menghasilkan tekstur dan rasa bawang putih yang berbeda.

Teksturnya lebih lembut, lebih kenyal, dan lebih manis dari bawang putih mentah biasa. Meskipun tak banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, black garlic memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Mengontrol gula darah

Sama halnya dengan bawang putih mentah segar, black garlic dapat membantu mengatur kadar gula darah. Dengan mengurangi gula darah tinggi, membantu mencegah masalah kesehatan yang serius, seperti gejala diabetes, disfungsi ginjal, dan lainnya. Tingkat antioksidan yang lebih tinggi dalam black garlic juga dapat membantu mencegah komplikasi terkait diabetes.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.