get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Jika Piala AFF Resmi Masuk Agenda FIFA, 5 Negara yang Berebut Masuk AFF ! Siapa Saja?

Minggu, 22 Januari 2023 | 20:45 WIB
header img
Gianni Infantino, Presiden FIFA hadiri final Piala AFF 2022 lalu (Foto: REUTERS)

2. Belarusia

Sama halnya dengan Rusia, Belarusia juga disanksi oleh UEFA imbas dari kegiatan invasi militernya ke Ukraina. Mereka berada di pihak Rusia.

Dewan Olimpiade Asia (OCA) kabarnya bersedia untuk memberikan kesempatan bagi para atlet dari Rusia dan Belarusia berkompetisi di pentas Asia. Bukan tidak mungkin jika Timnas Belarusia, yang ada di peringkat ke-97 dunia, ikut serta ke Asia nantinya.

3. Rusia

Pada saat ini, Rusia dimusuhi UEFA akibat dari invasi militernya terhadap Ukraina. Mereka pun dilarang untuk berkompetisi di UEFA dan belakangan ada kabar baik Rusia bisa merapat ke Asia.

“Beberapa bulan lalu, saya mengatakan ide untuk gabung AFC terlalu dini. Namun, sekarang itu merupakan kesempatan yang harus kami pertimbangkan,” kata Aleksander Dyukov selaku Presiden Federasi Sepakbola Rusia, dilansir dari The Thao 2047.

4. Afganistan

Timnas Afganistan telah berkeliling ke berbagai federasi sepakbola Asia selama beberapa waktu terakhir. Mereka meninggalkan Federasi Sepakbola Asia Barat (WAFF) untuk SAFF pada 2005. Kini, mereka merupakan bagian dari Federasi Sepakbola Asia Tengah (CAFA) sejak 2015.

Mempertimbangkan rekam jejak tersebut, bisa jadi Afganistan bakal memilih untuk hengkang ke AFF dalam waktu dekat. Pada saat ini, mereka berada di peringkat ke-155.

5. India

Selama beberapa tahun terakhir, India telah mengindikasikan hasratnya untuk meninggalkan Federasi Sepakbola Asia Selatan (SAFF). Yang menjadi tujuannya adalah AFF karena beberapa alasan.

“Tujuan kami [pindah ke AFF] adalah agar Timnas kami mendapatkan tekanan yang terbaik dalam kompetisi. Respons AFF sangat positif, akan tetapi kami terjebak pada situasi pandemi Covid-19,” kata Kushal Das selaku Sekjen IAFF, dilansir dari Times of India.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut