Logo Network
Network

Simak 4 Keutamaan Membaca Surah Al Maidah, Salah Satunya Menjauhkan dari Sifat Syirik

Ahmad Haidir/Net_Okezone
.
Selasa, 17 Januari 2023 | 17:09 WIB
Simak 4 Keutamaan Membaca Surah Al Maidah, Salah Satunya Menjauhkan dari Sifat Syirik
4 Keutamaan Membaca Surah Al Maidah. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas keutamaan dari membaca surah Al Maidah. Para muslim sebaiknya mengetahui keutamaan yang terkandung saat membaca surah Al Maidah. Al Maidah memiliki arti “jamuan atau hidangan makanan” dan merupakan surah  yang terakhir diturunkan didalam Al Quran. Surah ini diturunkan bertepatan dengan haji wada’ atau ibadah haji terakhir yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sebelum ia wafat.

Kandungan dari surah Al Maidah salah satunya berisi mengenai Kalamullah atau firman Allah SWT yang berisikan bahwa islam merupakan agama yang paling sempurna.

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلامَ دِيناً

"... pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu." (QS Al-Maidah: 3)

Surah Al Maidah pun memiliki keistimewaan dan keutamaannya tersendiri yang membedakannya dengan surah-surah lain. Apa saja? Berikut ini empat di antaranya, seperti telah MNC Portal rangkum, Kamis (18/11/2021).

1. Menjauhkan dari sifat syirik

Syirik atau menyekutukan Allah Subhanahu wa ta'ala adalah perbuatan yang sangat dibenci oleh-Nya dan merupakan salah satu dosa yang tidak terampuni bagi siapa saja yang melakukannya.

Salah satu keutamaan dan manfaat dari membaca Surah Al Maidah adalah insya Allah menjadi wasilah doa yang akan menghindarkan umat manusia dari sifat syirik.

2. Mengatasi keraguan dan perasaan waswas

Selanjutnya fadhilah atau keutamaan dari Surah Al Maidah adalah dapat menjadi wasilah obat dari sifat ragu-ragu, bimbang dan waswas, terutama ketika hendak melakukan ibadah.

Adapun caranya adalah dengan membaca ayat ke-7 dari Surah Al Maidah. Tidak ditentukan jumlahnya, namun makin banyak tentunya makin baik.

3. Menyembuhkan penyakit dusta

Bagi orang yang kerap berdusta dan ingin menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, membaca Surah Al Maidah bisa menjadi obatnya.

4. Membuat orang Yahudi Iri

Keagungan Surah Al Maidah tercermin dari kandungannya. Selain menjadi penyempurna agama Islam, Surah Al Maidah juga disebut sebagai ‘Al-Uqud’ yang berarti "perjanjian", diambil dari ayat pertamanya di mana Allah memerintahkan agar hamba-hamba-NYA memenuhi janji yang mereka buat.

Surat yang terdiri dari 120 ayat ini juga disebut sebagai ‘Al-Munqidz’ yang artinya "menyelamatkan", karena akhir surat ini memiliki cerita tentang Nabi Isa Alaihissallam yang menjadi penyelamat para pengikutnya yang setia dari azab Allah Subhanahu wa ta'ala.

Hal itulah yang sampai-sampai membuat orang Yahudi menjadi iri. Thariq bin Syihab mengungkapkan bahwa alkisah seorang Yahudi berkata kepada Umar bin Khathab, "Wahai Amirul Mukminin, sesungguhnya setiap kali membaca satu ayat dari kitab kalian (QS Al Maidah: 3), maka kami berharap surah itu diturunkan kepada kami niscaya kami akan menjadikan hal itu sebagai hari raya."

Wallahu a'lam bishawab.

Nah itulah ulasan mengenai keutamaan membaca surat Al Maidah. Semoga bermanfaat!

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul 4 Keutamaan Surah Al Maidah, Baca di Alquran Digital Okezone

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.