get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Berikut Arti Marhaban Ya Ramadhan dan Ahlan Wa Sahlan Ya Ramadhan

Senin, 27 Maret 2023 | 08:31 WIB
header img
Ilustrasi (Foto:Freepik)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Dalam artikel ini akan dibahas pengertian Marhaban Ya Ramadhan dan Ahlan Wa Sahlan Ya Ramadhan. Selama menyambut datangnya bulan suci Ramadhan mungkin umat Muslim tak asing dengan ucapan tersebut.

Ya, Marhaban Ya Ramadhan dan Ahlan Wa Sahlan Ya Ramadhan adalah dua kalimat yang kerap diucapkan saat bulan penuh keberkahan tiba. Tak hanya diucapkan secara langsung melainkan juga melalui tulisan yang disebar dan diunggah di media sosial.

Namun tak sedikit yang mempertanyakan arti dari kedua kalimat tersebut. Adapun berikut ini penjelasan mengenai arti dari Marhaban ya Ramadhan dan Ahlan Wa Sahlan Ya Ramadhan.

Pengertian Marhaban Ya Ramadhan dan Ahlan Wa Sahlan Ya Ramadhan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata 'Marhaban' memiliki arti kata seru yang merujuk pada menyambut maupun menghormati kedatangan tamu atau selamat datang. Sedangkan kata ‘Ramadan atau Ramadhan’ merujuk kepada bulan ke-9 pada kalender Hijriah yang merupakan bulan puasa bagi umat Islam.

Jika digabungkan, kalimat tersebut berarti sebagai seruan untuk menyambut dan menghormati datangnya bulan puasa.

Namun secara harfiah, kalimat Marhaban Ya Ramadhan berasal dari bahasa Arab. Marhaban turunan dari kata ‘rahb’ yang berarti ‘luas atau lapang’.

Dalam bahasa Arab, gabungan dari kalimat Marhaban Ya Ramadhan berarti sebuah kelapangan dada menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Dalam bahasa Arab, kata Ahlan berasal dari kata ahl yang berarti ‘keluarga’. Sedangkan sahlan dari kata sahl yang berarti ‘ senang’ dan ‘mudah’.

Dalam ungkapan Ahlan wa sahlan juga berarti selamat datang. Hanya saja kalimat ini memiliki ungkapan tersirat yakni merujuk pada seseorang yang berada di tengah-tengah keluarga dan melangkahkan kaki di dataran rendah yang mudah.

Secara sederhana, Ahlan Wa Sahlan Ya Ramadhan adalah ungkapan yang digunakan untuk menyambut kedatangan tamu di bulan Ramadhan. Kalimat ini ditujukan sebagai bentuk penghormatan dan sambutan hangat kepada umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa selama bulan ini.

Itulah pengertian dari Marhaban Ya Ramadhan dan Ahlan Wa Sahlan Ya Ramadhan. Wallahu a'lam.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut