get app
inews
Aa Read Next : Gegara Lamaran Ditolak, Ibu Nekat Culik Anak 11 Tahun untuk Dinikahkan dengan Putranya

Tragedi Mengerikan, 32 Orang Diculik dan 6 Berhasil Diselamatkan di Stasiun Kereta Api Nigeria

Selasa, 10 Januari 2023 | 17:37 WIB
header img
Penculikan orang di stasiun kereta api Nigeria (Foto: NRC)

NIGERIA, iNewsKarawang.id - dari 32 orang yang diculik di sebuah stasiun kereta api di negara bagian Edo, Nigeria selatan, pada akhir pekan lalu, enam Orang berhasil diselamatkan  oleh pasukan keamanan Nigeria. 

Di antara yang diculik adalah staf stasiun dan penumpang yang menunggu kereta.

Dikutip BBC, seorang tersangka juga telah ditangkap sehubungan dengan penculikan tersebut.

Ada kekhawatiran yang meningkat tentang serangan di negara itu. Insiden terbaru terjadi sebulan sebelum pemilihan presiden di mana keamanan menjadi isu kampanye utama.

Laporan mengatakan bahwa pada Sabtu (7/1/2023) sejumlah besar pria bersenjata, bersenjatakan AK-47, menembak ke udara ketika mereka memasuki stasiun di Igueben sebelum menangkap para pelancong dan staf lalu membawa mereka ke hutan terdekat.

Saksi mata mengatakan beberapa dari mereka yang berhasil melarikan diri menderita luka tembak. Seorang wanita dengan bayi juga dilaporkan melarikan diri dan menemukan jalan ke komunitas tetangga dan akhirnya bisa diselamatkan.

Seorang penduduk setempat seperti dikutip oleh surat kabar Vanguard, mengatakan para penculik juga membebaskan dua anak karena diyakini bahwa mereka merasa anak-anak akan memperlambat gerakan mereka

Juru bicara pemerintah negara bagian Edo Chris Osa Nehikhare mengatakan bahwa banyak orang telah mulai menggunakan kereta karena jalan lokal telah menjadi daerah terlarang, dengan uang tebusan yang sangat besar dikumpulkan dari keluarga korban penculikan.

Pemerintah federal mengutuk penculikan penumpang, menggambarkannya sebagai "tercela dan sangat biadab".

Insiden penculikan untuk tebusan, serta pria bersenjata yang menargetkan komunitas karena alasan politik, telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir di Nigeria.

Pada Desember tahun lalu, layanan kereta api utama yang menghubungkan ibu kota, Abuja, dengan kota utara Kaduna, dilanjutkan sembilan bulan setelah setidaknya sembilan penumpang tewas dalam serangan senjata di jalur kereta. Banyak lainnya dibawa pergi sebagai sandera dan yang terakhir dibebaskan pada Oktober tahun lalu..

Ketidakamanan adalah salah satu masalah utama para kandidat menjelang pemilihan umum Nigeria pada Februari mendatang ketika pengganti Presiden Muhammadu Buhari akan dipilih.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut