get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ternyata Segini Kalori Ikan Dori! Yuk Simak

Selasa, 15 November 2022 | 12:02 WIB
header img
Ilustrasi Ikan Dori. (Foto: Freepik)

Jakarta, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas mengenai kalori ikan dori. Ikan dori disebut-sebut sebagai ikan pelupa, namun ikan ini memiliki berbagai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita lho. 

Tidak heran jika banyak restoran yang menyajikan olahan ikan dori. Selain karena dagingnya lembut, gurih, dan lezat, ikan dori kaya zat gizi. Nah, di Amerika dan Eropa, dori yang digunakan adalah ikan John Dory. Sementara di Asia Tenggara, ikan pangasius seperti ikan patin disebut sebagai cream dory atau pacific dory.

Jadi ketika kamu membeli dori di Indonesia, bisa saja ikan itu adalah John Dory atau ikan patin yang sudah di-fillet. Terlepas dari perbedaan yang ada, kedua jenis ikan dori ini memiliki kandungan gizi yang sama-sama bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), seperti dilansir dari KlikDokter, ikan pangasius dan John Dory mengandung:

Protein

Kadar protein per 100 gram pangasius adalah 17.86 gram, sementara pada ikan John Dory sebanyak 21 gram. Kandungan protein dori berperan dalam pembentukan dan perbaikan sel. Seperti diketahui, tubuh manusia terdiri atas jutaan sel yang selalu dibentuk dan diperbaiki. Konsumsi protein penting untuk pembentukan dan perbaikan sel-sel ini.

Protein juga berperan dalam pembentukan enzim dan hormon. Enzim dan hormon diperlukan untuk proses metabolisme dalam tubuh manusia. Misalnya setelah makan, berbagai enzim yang berfungsi memecah karbohidrat, protein, dan lemak akan dikeluarkan supaya makanan yang dikonsumsi dapat diserap tubuh. Nah, bahan untuk membuat enzim ini adalah protein.

Selain itu, protein berguna dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh sehingga risiko kamu terinfeksi virus, bakteri, dan parasit penyebab penyakit jadi berkurang.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut