Ini Temuan Artefak Misterius di Dunia, Masih Ada Artefak Belum Bisa Dijelaskan Para Arkeologi

Maryam Nurfauziah , Okezone
.
Senin, 14 November 2022 | 12:22 WIB
Daftar temuan artefak misterius di dunia (Foto: Dreamstime)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Meskipun kita sudah hidup di tengah-tengah perkembangan teknologi serta sains di era modern seperti saat ini, masih banyak daftar artefak yang bahkan belum bisa dijelaskan oleh para arkeologi.

Penemuan benda atau patung zaman dahulu ternyata masih menjadi misterius dan sulit terpecahkan maksud dan tujuan atas keberadaannya.

Belum mendapat kebenaran utuh tentang penemuan-penemuan tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi warga dunia, terutama para penggemar ilmu sejarah serta arkeologi.

Diolah dari kanal YouTube iNews Variety Show, Sabtu (12/11/2022), berikut adalah daftar penemuan purba paling misterius di dunia.

1. Makam Qin Shi Huang (China)

Sejak ditemukan di China sekitar 48 tahun silam, makam Qin Shi Huang langsung menyedot perhatian dunia. Temuan ini digadang-gadang sebagai salah satu temuan arkeologis terbesar abad ke-20.

Qin Shi Huang sendiri merupakan kaisar pertama China pendiri dinasti Qin yang memerintah sekitar tahun 246 sebelum masehi. Pemerintahnya terkenal memiliki beragam proyek konstruksi yang megah dan besar, salah satunya pembangunan awal tembok besar China.

Temuan ini pun menjadi begitu menakjubkan lantaran diisi oleh sekitar 8.000 patung pasukan terakota, lengkap dengan kuda kereta hingga senjata perunggu yang digunakan untuk menjaga kaisar Qin Shin Huang.

Sayangnya, hingga kini para ilmuwan masih kesulitan untuk menggali lokasi makam sang kaisar yang dikelilingi oleh parit bawah tanah yang diduga mengandung merkuri beracun.

2. Mekanisme Antikythera (Yunani)

Artefak yang ditemukan 45 meter di bawah laut pulau Antikythera Yunani ini dianggap terlalu kompleks dan canggih untuk sebuah peradaban Yunani kuno.

Antikythera dinilai lebih berharga dari monalisa, mekanismenya diduga kuat adalah komputer analog yang digunakan untuk tujuan astronomi hingga penanda kalender.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini