Logo Network
Network

Ini Temuan Artefak Misterius di Dunia, Masih Ada Artefak Belum Bisa Dijelaskan Para Arkeologi

Maryam Nurfauziah , Okezone
.
Senin, 14 November 2022 | 12:22 WIB
Ini Temuan Artefak Misterius di Dunia, Masih Ada Artefak Belum Bisa Dijelaskan Para Arkeologi
Daftar temuan artefak misterius di dunia (Foto: Dreamstime)

Sejak ditemukan pada 1901, komputer Yunani kuno ini pun masih dianggap membingungkan lantaran benda dengan kompleksitas serupa hanya muncul pada perkembangan teknologi jam Eropa pada abad ke 14. Padahal catatan peneliti mengindikasikan bahwa alat ini dibuat pada tahun 80 sebelum masehi.

3. Garis Nazca (Peru)

Terletak di gurun naskah yang kering, Garis Nazca menjadi salah satu landmark sekaligus teka-teki arkeologi terbesar di dunia. Rangkaian garis ini pun terdiri dari sekitar 300 macam karakter dengan luas hampir 500 km persegi.

Menariknya, berdasarkan penelitian motif raksasa Nazca ini setidaknya diciptakan antara 500 tahun sebelum masehi. Pertanyaan terkait dengan bagaimana dan mengapa naskah diciptakan hingga kini masih menjadi misteri serta perdebatan para ilmuwan.

4. Batu Bulat (Kosta Rika)

Jika Pery mempunyai Garis Nazca, maka Kosta Rika mempunyai lebih dari 300 batu misterius dan banyak diantaranya berbentuk bulat sempurna.

Bola bola batu yang tersebar ini mempunyai ukuran bervariasi, yaitu dari sekecil bola tenis hingga memiliki diameter 2,4 meter dengan bobot mencapai 16 ton.

Bola bola Kosta Rika ini bahkan diprediksi dibuat pada periode sekitar 500 hingga 1500 masehi, hingga kini para ilmuwan masih belum mengetahui secara pasti tujuan dibuatnya benda ini dan bagaimana cara orang orang terdahulu membuat batu dengan bentuk bulat sempurna seperti ini.

5. Patung Moai (Chile)

Pulau Paskah yang berada di negara Chili terkenal dengan patung kepala dari batu, patung-patung ini merupakan keunikan yang hingga kini masih membingungkan para peneliti. Perdebatan mengenai fungsi dan maksud dari patung ini masih berlangsung.

Namun, sebagian peneliti menyimpulkan bahwa fungsi utama patung ini adalah untuk menunjukkan atau mengklaim kepemilikan sumber air tawar yang merupakan sumber daya alam yang paling berharga di wilayah tersebut, karena keberadaan air tawar cukup langka di pulau ini.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul Daftar 5 Temuan Artefak Misterius di Dunia

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini