Logo Network
Network

Niat Mengadu Nasib di Arab Saudi, TKW Karawang Malah Disiksa, Keluarga: Pulangkan Munirah

Muhtar Galuh Ardian
.
Senin, 06 Desember 2021 | 20:33 WIB
Niat Mengadu Nasib di Arab Saudi, TKW Karawang Malah Disiksa, Keluarga: Pulangkan Munirah
Lama terpisahkan, Akhirnya dapat berkumpul Kembali dengan Keluarga

KARAWANG, iNews - Berniat mengadu nasib ke negeri orang dengan membawa harapan untuk memperbaiki kondisi ekonomi keluarga, seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Karawang malah disiksa dan disekal majikan selama 12 tahun hingga mengalami sakit-sakitan.

Sebelumnya, Munirah binti Yasib berangkat menjadi TKW sejak 24 April tahun 2009 dengan nama asli Siti Halimah binti Rasdi.

Awalnya di tahun 2009-2011, pihak keluarga bisa berkomunikasi dengan Munirah meski  melalui majikannya, sebelum pada akhirnya tidak lagi ada komunikasi sejak 10 tahun terakhir.

"Majikannya selalu bilang lagi masak dan mencuci disaat kita pengen komunikasi langsung. Sama sekali gak bisa sama Munirah langsung," kata Yanto (35) yang merupakan adik ipar dari Munirah. Senin, (6/12).

Munirah juga sempat dikabarkan hilang selama 12 tahun kini telah ditemukan. Selama ia bekerja mengaku disiksa, disekap, hingga dibuang ditengah kondisinya yang sedang sakit.

"Sejak awal pemberangkatan kita juga kan buta identitas terkait Siti Halimah karena diganti menjadi Munirah oleh majikannya, sebelum akhirnya kita tahu dari media sosial," jelas Yanto.

"Dulu, kondisi fisiknya gak seperti ini, justru jauh. Perubahannya drastis," timpalnya.

Selain itu, ia juga merasa janggal dalam pemberangkan Munirah yang begitu cepat dibandingkan dengan TKW lainnya.

"Biasanya kalau mau terbang butuh waktu sekitar 1-2 bulan, tapi ini kok satu minggu udah langsung berangkat,"ujarnya.

Yanto juga meminta kepada pihak KBRI melalui Kelurahan dan Disnakertrans Karawang, agar secepatnya memulangkan Munirah.

"Kita meminta kepada kelurahan dan Disnakertrans untuk membantu agar Munirah bisa secepatnya dipulangkan, tidak diperbolehkan lagi dipekerjakan, serta hak-haknya bisa diberikan selama ia bekerja selama 12 tahun. Terakhir, kita meminta agar kasus ini bisa diusut tuntas," tegasnya

Setelah dibuang, Munirah ditemukan oleh TKW lainnya yakni seorang warga Indonesia yang bekerja di Arab Saudi, Hanafi (41), dengan kondisi terlunta-lunta, dan sekarang ia berada di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI).

Hanafi mengaku Munirah ditemukan dijalanan Ryad, Arab Saudi. Saat itu Munirah sedang mencari warga Indonesia untuk meminta pertolongan. Kemudian Munirah menemukan warga Indonesia dan menceritakan keadaan yang menimpa dirinya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini