Logo Network
Network

4 Deretan Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menurunkan Kadar Gula Darah

Novie Fauziah , Okezone
.
Jum'at, 21 Oktober 2022 | 17:19 WIB
4 Deretan Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menurunkan Kadar Gula Darah
Ilustrasi cuka apel. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id -  Artikel ini akan membahas mengenai manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh. Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan cuka apel atau apple vinegar. Yap! Cuka apel ini biasanya digunakan sebagai bahan perasa makanan, pengawet alami ataupun bahan alami untuk skincare.

Di samping itu, tahukah Anda kalau cuka apel juga menyajikan manfaat untuk kesehatan. Cuka apel bekerja dengan menonaktifkan enzim dan membunuh bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan.

Nah, aktivitas penon-aktifan enzim ini juga diklaim bisa mencegah penyakit, virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga cuka sari apel dianggap sebagai salah satu obat tradisional.

Makin penasaran apa saja manfaatnya bagi tubuh? Melansir Health Line, Selasa (18/10/2022) berikut ini beberapa manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

1. Bunuh bakteri berbahaya: Cuka apel bisa membantu untuk membunuh patogen, termasuk bakteri. Sebagian orang, khususnya masyarakat tradisional disebutkan biasanya menggunakan cuka apel untuk membersihkan dan mendisinfeksi, mengobati jamur kuku, kutu, kutil, dan infeksi telinga. Hippocrates diketahui menggunakan cuka apel untuk membersihkan luka lebih dari 2000 tahun yang lalu. Cuka apel juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri seperti E. coli, biasanya ada dalam makanan.

2. Bantu menurunkan kadar gula darah dan mengatasi diabetes: Cuka apel bantu untuk menurunkan kadar gula darah, dan mengatasi diabetes tipe 2. Tapi orang tanpa diabetes juga bisa mendapatkan keuntungan dengan menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Beberapa peneliti menyakini, kadar gula darah yang tinggi adalah dalang penyebab utama penuaan dan berbagai penyakit kronis.

3. Bantu turunkan BB: Bagi Anda yang tengah berdiet, mengonsumsi cuka apel sangat baik karena dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa cuka bisa meningkatkan rasa kenyang. Sehingga akhirnya membuat Anda makan lebih sedikit kalori yang membantu agar berat badan turun.

4. Mengelola kadar gula: Diklaim dapat membantu penderita diabetes mengelola kadar gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan, dengan mengonsumsi cuka usai makan tinggi karbohidrat bisa meningkatkan sensitivitas insulin sebanyak 34 persen dan menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Namun ingat, jika Anda sedang mengonsumsi obat untuk mengobati diabetes, harus berkonsultasi dengan dokter dulu sebelum mengonsumsi cuka sari apel.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul 4 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 3 Incaran Banyak Wanita!

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini