get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Waspada! Ternyata Bahan Alami Berikut Ini Berbahaya Bagi Kulit

Sabtu, 10 September 2022 | 12:20 WIB
header img
Ilustrasi bahan alami untuk kulit (foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai bahan alami yang ternyata berbahaya bagi kulit. Bahan-bahan alami memang dikenal lebih baik dibandingkan bahan kimia, namun beberapa bahan alami ternyata berbahaya jika digunakan pada kulit.

Seperti beberapa bahan alami yang dulu katanya sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Ternyata jika salah dalam pemakaian, efek sampingnya cukup mengerikan. Bahkan dapat merusak kulit dari waktu ke waktu. Tak hanya untuk kulit, tapi juga berbahaya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dikutip dari Healthline, Kamis (8/9/2022), berikut beberapa bahan alami yang ternyata berbahaya untuk kulit dan kesehatan Anda.

1. Putih telur

Putih telur terkenal dapat mengencangkan dan menghaluskan kulit. Setelah beberapa kali pemakaian, mungkin Anda akan merasakan manfaatnya. Namun ada celah di mana telur mentah tersebut mengandung bakteri Salmonella. Area wajah dekat dengan mulut sehingga dapat berisiko tertular infeksi saluran pencernaan.

2. Air perasan lemon

Bahan ini dinilai dapat menghilangkan noda di wajah, mulai dari bekas jerawat ataupun noda hitam lainnya. Namun jika menggunakan secara berlebihan, dapat menyebabkan luka bakar tingkat dua pada kulit. Bahkan luka bakar yang terpapar matahari bisa membuat kulit melepuh.

3. Kayu Manis

Masker kayu manis mulai terkenal sejak seorang blogger kecantikan, yang dikenal dengan EnjoyPhoenix, memuji kekuatan pemurnian kayu manis. Namun ternyata hanya orang tertentu yang bisa cocok dengan masker kayu manis. Tak sedikit yang terkena dampak serius karena pemakaian masker ini. Wajah mereka kesemutan hingga kemerahan akibat reaksi alergi.

4. ASI

Beberapa spa ngetrend menggunakan facial ASI untuk pengobatan jerawat. ASI mengandung asam laktat dan laurat, keduanya memiliki manfaat penyembuhan kulit dan antimikroba yang beberapa penelitian menunjukkan telah membantu kulit berjerawat. Namun, ASI adalah cairan tubuh manusia yang entah bakteri atau virus apa yang terkandung di dalamnya. Salah-salah bisa terkena HIV lho!

5. Cuka apel 

Bahan alami ini diklaim dapat membantu membersihkan jerawat, memudarkan bekas luka atau bintik-bintik penuaan, dan bahkan menghilangkan tahi lalat. Namun ia memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Baunya cukup menyengat, apalagi jika terkena kulit. Akan ada sensasi terbakar. Penggunaan jangka panjang juga dapat merusak wajah cantik Anda karena kadar asamnya yang tinggi.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut