Tanda Kedutan Mata Kiri Atas Menurut Islam, Simak agar Tidak Terjebak Mitos

Kastolani Marzuki
.
Kamis, 13 Oktober 2022 | 17:56 WIB
Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Ada sejumlah mitos yang berkembang di masyarakat jika mengalami kedutan mata kiri atas. Misalnya, akan menjadi pertanda seseorang yang kedutan mata kiri akan mendapat keburukan.

Menurut Mircea Eliade dalam bukunya The Sacred and the Profane seperti dilansir dari jurnal.iainponorogo.ac.id, mitos berkaitan dengan sebuah cerita sakral, yaitu peristiwa primordial yang terjadi pada saat permulaan.

Dalam kajian medis, kedutan mata baik bagian kanan maupun kiri sebagaimana dilansir dari lama kemkes.go.id merupakan kejang klonik. Kejang ini ditandai sentakan mioklonik sekelompok otot dengan pengulangan secara teratur lebih kurang 2-3 siklus per detik serta berlangsung lama, biasanya melibatkan kedua sisi tubuh.

Kedutan mata kiri atas menurut Islam

Kedutan pada mata bagian kiri menurut Islam memang tidak ada dalilnya baik dalam Alquran maupun hadits. Namun, para ahli hikmah memiliki firasat atau pandangan khusus.

Seperti dijabarkan ahli hikmah Iskandar Dzul Qarnain al Yunani al Hakim. Dalam kitab risalah sebagaimana dilansir dari laman Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah (PISS-KTB) dijelaskan, ketika alis atau mata kiri atas kedutan maka kelapangan akan menghampirinya dan kemuliaan yang besar. Sedangkan jika kedutan pada bagian alis atau mata kanan atas akan mendapat kebaikan. 

Firasat yang diungkapkan para ahli hikam ini karena mereka memiliki keistimewaan yang diberikan oleh Allah SWT. Dalam Islam, firasat adalah pengetahuan batin tentang segala sesuatu berdasarkan dalil-dalil dan pengalaman.

Sebagaimana disebutkan dalam Surat Al Hijr ayat 75.

إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِلْمُتَوَسِّمِينَ

Artinya: Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Kami) bagi orang-orang yang memper­hatikan tanda-tanda. (Al-Hijr: 75).

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini