Surat Yasin Jantungnya Al-Qur'an, ini penjelasannya

Rilo Pambudi
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 19:18 WIB
Surat Yasin Jantungnya Al-Qur'an, ini penjelasannya (Foto: Haci Elmas)

Dalam hadis di atas, Rasulullah menginginkan agar surat Yasin ada di dalam hati atau jantung para umat pengikutnya, artinya diharapkan agar umat beriman digerakkan oleh isi surat Yasin. Hal tersebut erat kaitannya dengan banyaknya kandungan dan keutamaan yang dimiliki Surat Yasin.

Kandungan Surat Yasin

Dilansir iNews.id dari Okezone.com yang mengutip Prof. Dasteghib, Surah Yasin menjelaskan banyak hal mengenai keberadaan Allah, hari kebangkitan, keimanan kepada Allah dan para nabi beserta tujuannya, serta bantahan terhadap orang-orang kafir dan musyrik. 

Selain itu, di dalam Surat Yasin juga disampaikan mengenai kebenaran ajaran Ilahi, kejadian di surga dan neraka beserta keadaan para penghuninya. Terkandung pula dalam surah ini adalah ayat-ayat yang menjelaskan bukti keberadaan Allah yang ada di alam. Maka dari itu, surah ini ibaratnya menjadi jantungnya Al-Quran.

Ringkasnya, surat ini berisi berbagai penjelasan penting, mulai tentang tauhid, larangan dan perintah, hukum, adab hingga penyebutan dunia dan akhirat. Oleh karena kandungannya itu, Nabi Muhammad SAW menyerukan kepada pengikutnya untuk menghafal dan membaca ayat ini. Salah satu keutamaan Yasin yang masyhur disebut dalam hadits berikut: 

"Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah maka diampuni dosa-dosanya." (HR At-Thabrani dan Al-Baihaqi dari Abu Hurairah)

Wallahualam bissawab.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini