Logo Network
Network

Surat Yasin Jantungnya Al-Qur'an, ini penjelasannya

Rilo Pambudi
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 19:18 WIB
Surat Yasin Jantungnya Al-Qur'an, ini penjelasannya
Surat Yasin Jantungnya Al-Qur'an, ini penjelasannya (Foto: Haci Elmas)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Surat Yasin adalah surah ke-36 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 83 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Nama Ya Sin diambil karena surat ini dimulai dengan dua abjad Arab Ya-sin.

Surat Yasin dianggap, sebagai jantungnya Al-Qur'an karena memiliki berbagai keutamaan.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang termaktub dalam sebuah hadits.

"Sesungguhnya segala sesuatu itu ada jantungnya, dan jantung Al-Qur’an adalah Yasin. Aku ingin surah Yasin itu ada dihati setiap umatku." (HR. al-Bazzar).

"Jantung Al-Qur’an itu ialah surah Yasin. Tidaklah dibaca akan dia oleh seseorang yang menghendaki keridhaan Allah dan keselamatan di hari akhirat, melainkan Allah mengampuni akan Dosanya." (HR. Abu Daud).

Dalam hadis di atas, Rasulullah menginginkan agar surat Yasin ada di dalam hati atau jantung para umat pengikutnya, artinya diharapkan agar umat beriman digerakkan oleh isi surat Yasin. Hal tersebut erat kaitannya dengan banyaknya kandungan dan keutamaan yang dimiliki Surat Yasin.

Kandungan Surat Yasin

Dilansir iNews.id dari Okezone.com yang mengutip Prof. Dasteghib, Surah Yasin menjelaskan banyak hal mengenai keberadaan Allah, hari kebangkitan, keimanan kepada Allah dan para nabi beserta tujuannya, serta bantahan terhadap orang-orang kafir dan musyrik. 

Selain itu, di dalam Surat Yasin juga disampaikan mengenai kebenaran ajaran Ilahi, kejadian di surga dan neraka beserta keadaan para penghuninya. Terkandung pula dalam surah ini adalah ayat-ayat yang menjelaskan bukti keberadaan Allah yang ada di alam. Maka dari itu, surah ini ibaratnya menjadi jantungnya Al-Quran.

Ringkasnya, surat ini berisi berbagai penjelasan penting, mulai tentang tauhid, larangan dan perintah, hukum, adab hingga penyebutan dunia dan akhirat. Oleh karena kandungannya itu, Nabi Muhammad SAW menyerukan kepada pengikutnya untuk menghafal dan membaca ayat ini. Salah satu keutamaan Yasin yang masyhur disebut dalam hadits berikut: 

"Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah maka diampuni dosa-dosanya." (HR At-Thabrani dan Al-Baihaqi dari Abu Hurairah)

Wallahualam bissawab.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini