Sudah Memasuki Usia 40an? Begini 7 Tips Perawatan Kulit Agar Kulit Tetap Kencang dan Sehat

Tim Okezone
.
Sabtu, 24 September 2022 | 09:59 WIB
Ilustrasi. (Foto: okezone)

Menggunakan retinol

Retinol merupakan jurus utama dalam menghadapi pertambahan usia. Selain memiliki khasiat anti-aging, retinol atau vitamin A juga dapat berfungsi untuk meregulasi dan meningkatkan pergantian kulit sehingga dapat mengatasi permasalahan seperti jerawat, pori-pori yang membesar, serta pigmentasi.

Satu-satunya kekurangan dari retanol adalah dapat mengiritasi kulit yang tergolong sensitif. Jika Anda memiliki kulit wajah yang sensitif, gunakan facial firming serum untuk laki-laki yang mengandung Retinyl palmitate yang memiliki fungsi yang sama dengan retinol, namun versi lebih lembutnya.

Mengurangi aktivitas yang merusak kulit

Sebelum berbicara mengenai perawatan kulit, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan tindak pencegahan yang berpotensi merusak kulit. Kulit menjadi representasi gaya hidup kita yang sebenarnya. Menjaga kesehatan dan makanan yang dikonsumsi, berolahraga rutin, memperhatikan jadwal tidur, dan berhenti merokok akan berpengaruh besar pada kesehatan tubuh dan kulit Anda. Hindari juga faktor stres berlebih serta seimbangkan antara waktu kerja dan hiburan Anda.

Gunakan produk yang mengandung antioksidan

Menggunakan serum yang mengandung antioksidan dapat menjadi solusi dari berkurangnya produksi antioksidan pada kulit wajah seiring bertambahnya usia. Penggunaan serum yang mengandung antioksidan sebelum sunscreen di pagi hari dapat menjadi perlindungan ekstra bagi kulit Anda terhadap sinar UV matahari serta polutan.

Gunakan moisturizer setiap pagi dan malam

Selain melembapkan, penggunaan moisturizer yang mengandung SPF saat pagi hari dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV dan menjadi krim anti-aging. Di sisi lain, penggunaan moisturizer pada malam hari berfungsi untuk meremajakan kulit Anda.

Pilihlah moisturizer yang mengandung antioksidan, peptida, dan kolagen. Komposisi ini dapat membantu Anda untuk memperbaiki tampilan kerutan, membuat kulit lebih elastis, serta memperbaiki kulit yang rusak karena sinar matahari.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini