get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Berikut Deretan Provinsi di Indonesia dengan Jumlah Penduduk Umat Islam Terbesar

Kamis, 22 September 2022 | 15:45 WIB
header img
Masjid Raya Baitturahman, Banda Aceh, salah satu bangunan khas di Aceh menjadi bukti masuknya Islam di Tanah Rencong. (Foto : Antara)

5. Jawa Barat
Beralih ke Pulau Jawa. Provinsi dengan persentase penduduk Muslim terbesar di Indonesia yakni Jawa Barat. 

Provinsi yang didominasi oleh Suku Sunda ini memiliki persentase pemeluk agama Islam terbesar di Pulau Jawa yakni sebesar 97,29 persen dari total populasi 47,59 juta jiwa yang menetap di Tanah Pasundan.

6. Jawa Tengah
Provinsi dengan persentase penduduk Muslim terbesar di Indonesia lainnya yakni, Jawa Tengah. Provinsi ini menempati urutan 6 provinsi di Indonesia yang memiliki persentase penduduk Muslim cukup besar. 

Persentase pemeluk agama Islam di Jawa Tengah sebesar 97,26 persen dari total populasi 37,23 juta penduduk yang tersebar luas di seluruh di Jawa Tengah. Ada sejumlah jejak peninggalan Islam dan makam wali di antaranya makam Sunan Kalijaga dan Sunan Kudus.

7. Jawa Timur
Berikutnya Provinsi Jawa Timur, salah satu provinsi dengan persentase Muslim terbesar di Indonesia. Provinsi yang beribukota di Surabaya ini memiliki jumlah penduduk total sebanyak 40,99 juta jiwa dengan persentase sebesar 97,21 persen dari jumlah keseluruhan penduduk di Jawa Timur.

Provinsi Jawa Timur juga memiliki banyak jejak peninggalan Islam dan makam para wali di antaranya Sunan Gresik, Sunan Ampel.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut