Logo Network
Network

Berikut Deretan Provinsi di Indonesia dengan Jumlah Penduduk Umat Islam Terbesar

Fajar Hendra Jaya
.
Kamis, 22 September 2022 | 15:45 WIB
Berikut Deretan Provinsi di Indonesia dengan Jumlah Penduduk Umat Islam Terbesar
Masjid Raya Baitturahman, Banda Aceh, salah satu bangunan khas di Aceh menjadi bukti masuknya Islam di Tanah Rencong. (Foto : Antara)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Ada 10 provinsi dengan persentase muslim terbesar di Indonesia. Di beberapa wilayah tersebut masih memegang teguh adat yang berlandaskan Islam, bahkan ada provinsi yang menerapkan hukum Islam atau syariat islam yang wajib ditaati oleh penduduknya. 
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk muslim terbesar di dunia. Berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) , jumlah penduduk di Indonesia mencapai angka 237, 53 juta per tanggal 31 Desember 2021. Dan jika dipersentasekan, masyarakat Indonesia yang memeluk agama Islam sebesar 86,9%. 

Dilansir dari laman uii.ac.id, Islam datang langsung ke Nusantara dari Arab pada abad pertama Hijriah atau ke-7 Masehi. Daerah yang pertama menerima Islam yakni Aceh tepatnya di Pasai, Aceh Utara dan Peurelak, Aceh Timur.

Kala itu, Khalifah Utsman bin Affan mengirimkan utusan ke China untuk memperkenalkan Islam. Utusan-utusan khalifah itu kemudian ada yang datang ke Nusantara yakni di Aceh.

Bukti dari Islam pertama dipeluk masyarakat Aceh yakni dengan berdirinya kerajaan Islam pertama di daerah tersebut bernama Samudra Pasai. Catatan penjelajah Marco Polo juga menyatakan bahwa terdapat banyak orang Arab menyebarkan agama Islam di Pasai pada tahun 692 Hijriyah/1292 Masehi. 

Sementara itu, Ibnu Battutah, seorang penjelajah dari Maroko, dalam laporannya juga mencatat bahwa terdapat sekolah Syafi’I di Aceh pada tahun 746 Hijriyah / 1345 Masehi. Makam Fatimah binti Maimun di Gresik yang bertuliskan tahun 475 Hijriyah / 1082 Masehi juga menjadi bukti kehadiran orang Arab dan Islam di Pulau Jawa pada masa tersebut. 

Masuknya Islam ke tanah Jawa tidak lepas dari peran besar Wali Songo yang mampu menyebarkan Islam dengan menggunakan pendekatan budaya sehingga bisa diterima dengan mudah oleh penduduk lokal.

Berikut 10 Provinsi dengan persentase muslim terbesar di Indonesia:
1. Aceh
Provinsi dengan persentase muslim terbesar di Indonesia pertama yakni Aceh. Provinsi yang dijuluki Serambi Mekkah ini memiliki persentase kependudukan masyarakat beragama muslim yang cukup besar yakni 98,57 persen. 

Jumlah penduduk di Aceh yang memeluk agama islam adalah 5,27 juta jiwa, dari jumlah keseluruhan penduduknya yakni 5,35 persen. Aceh juga menerapkan hukum berdasarkan syariat islam, yakni hukum jinayat. Para pelaku kejahatan akan dicambuk menggunakan rotan.

2. Gorontalo
Provinsi dengan persentase Muslim terbesar berikutnya yakni Gorontalo. Provinsi Gorontalo tercatat memiliki persentase penduduk beragama Islam sebesar 98,02 persen dari total populasi. 

Jumlah penduduk di Gorontalo sendiri yang memeluk agama Islam memiliki total sebesar 1.169, 57 jiwa dari total keseluruhan penduduk sebesar 1,2 juta jiwa. 

3. Bengkulu 
Provinsi dengan persentase Muslim terbesar di Indonesai selanjutnya Bengkulu. Provinsi yang dikenal dengan bunga Rafflesia Arnoldii ini memiliki persentase penduduk beragama muslim sebesar 97,67 persen. 

Jumlah penduduk keseluruhan di Bengkulu yakni 2.03 juta jiwa yang mendiami provinsi ini.

4. Sumatera Barat
Provinsi Sumatera Barat menjadi salah satu provinsi dengan persentase Muslim terbesar di Indonesia. Provinsi yang beribukota di Padang ini memiliki persentase penduduk muslim sebanyak 97,6 persen dari total populasi 5,6 juta jiwa. Provinsi yang memiliki sebutan Ranah Minang ini juga memiliki adat yang bersumber dari ajaran Islam, yakni Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah.  

5. Jawa Barat
Beralih ke Pulau Jawa. Provinsi dengan persentase penduduk Muslim terbesar di Indonesia yakni Jawa Barat. 

Provinsi yang didominasi oleh Suku Sunda ini memiliki persentase pemeluk agama Islam terbesar di Pulau Jawa yakni sebesar 97,29 persen dari total populasi 47,59 juta jiwa yang menetap di Tanah Pasundan.

6. Jawa Tengah
Provinsi dengan persentase penduduk Muslim terbesar di Indonesia lainnya yakni, Jawa Tengah. Provinsi ini menempati urutan 6 provinsi di Indonesia yang memiliki persentase penduduk Muslim cukup besar. 

Persentase pemeluk agama Islam di Jawa Tengah sebesar 97,26 persen dari total populasi 37,23 juta penduduk yang tersebar luas di seluruh di Jawa Tengah. Ada sejumlah jejak peninggalan Islam dan makam wali di antaranya makam Sunan Kalijaga dan Sunan Kudus.

7. Jawa Timur
Berikutnya Provinsi Jawa Timur, salah satu provinsi dengan persentase Muslim terbesar di Indonesia. Provinsi yang beribukota di Surabaya ini memiliki jumlah penduduk total sebanyak 40,99 juta jiwa dengan persentase sebesar 97,21 persen dari jumlah keseluruhan penduduk di Jawa Timur.

Provinsi Jawa Timur juga memiliki banyak jejak peninggalan Islam dan makam para wali di antaranya Sunan Gresik, Sunan Ampel.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.