Berikut Deretan Provinsi di Indonesia dengan Jumlah Penduduk Umat Islam Terbesar

Fajar Hendra Jaya
.
Kamis, 22 September 2022 | 15:45 WIB
Masjid Raya Baitturahman, Banda Aceh, salah satu bangunan khas di Aceh menjadi bukti masuknya Islam di Tanah Rencong. (Foto : Antara)

Masuknya Islam ke tanah Jawa tidak lepas dari peran besar Wali Songo yang mampu menyebarkan Islam dengan menggunakan pendekatan budaya sehingga bisa diterima dengan mudah oleh penduduk lokal.

Berikut 10 Provinsi dengan persentase muslim terbesar di Indonesia:
1. Aceh
Provinsi dengan persentase muslim terbesar di Indonesia pertama yakni Aceh. Provinsi yang dijuluki Serambi Mekkah ini memiliki persentase kependudukan masyarakat beragama muslim yang cukup besar yakni 98,57 persen. 

Jumlah penduduk di Aceh yang memeluk agama islam adalah 5,27 juta jiwa, dari jumlah keseluruhan penduduknya yakni 5,35 persen. Aceh juga menerapkan hukum berdasarkan syariat islam, yakni hukum jinayat. Para pelaku kejahatan akan dicambuk menggunakan rotan.

2. Gorontalo
Provinsi dengan persentase Muslim terbesar berikutnya yakni Gorontalo. Provinsi Gorontalo tercatat memiliki persentase penduduk beragama Islam sebesar 98,02 persen dari total populasi. 

Jumlah penduduk di Gorontalo sendiri yang memeluk agama Islam memiliki total sebesar 1.169, 57 jiwa dari total keseluruhan penduduk sebesar 1,2 juta jiwa. 

3. Bengkulu 
Provinsi dengan persentase Muslim terbesar di Indonesai selanjutnya Bengkulu. Provinsi yang dikenal dengan bunga Rafflesia Arnoldii ini memiliki persentase penduduk beragama muslim sebesar 97,67 persen. 

Jumlah penduduk keseluruhan di Bengkulu yakni 2.03 juta jiwa yang mendiami provinsi ini.

4. Sumatera Barat
Provinsi Sumatera Barat menjadi salah satu provinsi dengan persentase Muslim terbesar di Indonesia. Provinsi yang beribukota di Padang ini memiliki persentase penduduk muslim sebanyak 97,6 persen dari total populasi 5,6 juta jiwa. Provinsi yang memiliki sebutan Ranah Minang ini juga memiliki adat yang bersumber dari ajaran Islam, yakni Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah.  

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini