Berikut Deretan Provinsi di Indonesia dengan Jumlah Penduduk Umat Islam Terbesar

Fajar Hendra Jaya
.
Kamis, 22 September 2022 | 15:45 WIB
Masjid Raya Baitturahman, Banda Aceh, salah satu bangunan khas di Aceh menjadi bukti masuknya Islam di Tanah Rencong. (Foto : Antara)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Ada 10 provinsi dengan persentase muslim terbesar di Indonesia. Di beberapa wilayah tersebut masih memegang teguh adat yang berlandaskan Islam, bahkan ada provinsi yang menerapkan hukum Islam atau syariat islam yang wajib ditaati oleh penduduknya. 
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk muslim terbesar di dunia. Berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) , jumlah penduduk di Indonesia mencapai angka 237, 53 juta per tanggal 31 Desember 2021. Dan jika dipersentasekan, masyarakat Indonesia yang memeluk agama Islam sebesar 86,9%. 

Dilansir dari laman uii.ac.id, Islam datang langsung ke Nusantara dari Arab pada abad pertama Hijriah atau ke-7 Masehi. Daerah yang pertama menerima Islam yakni Aceh tepatnya di Pasai, Aceh Utara dan Peurelak, Aceh Timur.

Kala itu, Khalifah Utsman bin Affan mengirimkan utusan ke China untuk memperkenalkan Islam. Utusan-utusan khalifah itu kemudian ada yang datang ke Nusantara yakni di Aceh.

Bukti dari Islam pertama dipeluk masyarakat Aceh yakni dengan berdirinya kerajaan Islam pertama di daerah tersebut bernama Samudra Pasai. Catatan penjelajah Marco Polo juga menyatakan bahwa terdapat banyak orang Arab menyebarkan agama Islam di Pasai pada tahun 692 Hijriyah/1292 Masehi. 

Sementara itu, Ibnu Battutah, seorang penjelajah dari Maroko, dalam laporannya juga mencatat bahwa terdapat sekolah Syafi’I di Aceh pada tahun 746 Hijriyah / 1345 Masehi. Makam Fatimah binti Maimun di Gresik yang bertuliskan tahun 475 Hijriyah / 1082 Masehi juga menjadi bukti kehadiran orang Arab dan Islam di Pulau Jawa pada masa tersebut. 

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini