Logo Network
Network

Bagi Pemilik Kulit Berjerawat, Yuk Simak Tips Memilih Stiker Jerawat

Tim Okezone
.
Kamis, 15 September 2022 | 14:42 WIB
Bagi Pemilik Kulit Berjerawat, Yuk Simak Tips Memilih Stiker Jerawat
Ilustrasi Jerawat. (Foto: Shutterstock)

Acne Patch dengan Microneedle

Jenis terakhir adalah yang memiliki microneedle atau jarum berukuran kecil pada stiker jerawat. Meskipun ada jarumnya, stiker jerawat jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit.

Acne patch jenis ini juga mengandung obat atau bahan aktif yang nantinya akan membantu penyembuhan jerawat dengan bantuan jarum kecil agar dapat masuk menembus lapisan kulit yang lebih dalam.

Cara pakai stiker jerawat sangatlah mudah. Ini beberapa langkah yang perlu diperhatikan:

Temukan stiker jerawat (acne patch) yang sesuai dengan jenis dan ukuran jerawat.

Bersihkan dan keringkan wajah sebelum menempelkan stiker.

Tempelkan stiker hingga menutupi seluruh bagian jerawat.

Biasanya stiker digunakan di malam hari saat tidur. Bila ingin digunakan saat beraktivitas, pilih stiker yang setipis mungkin agar tampak alami. Pastikan Anda telah membaca instruksi pemakaian dengan teliti.

Stiker jerawat memang bisa membantu meredakan radang pada jerawat, tapi tidak semua jenis jerawat bisa diatasi dengan hanya menggunakan stiker jerawat. Plester ini ditujukan hanya untuk mengobati jenis jerawat ringan, bukan jerawat yang meradang, bernanah, bahkan sampai berbintil.

Selain itu, stiker jerawat berfungsi sebagai penutup jerawat. Bintil jerawat pada wajah pun tidak akan terlihat. Jerawat juga menjadi tidak sering dipegang dengan tangan kotor, terlindungi dari debu, paparan sinar matahari, dan bakteri yang dapat memperburuk kondisi jerawat.

Tapi, perlu diingat, jangan asal pilih dan menggunakan stiker jerawat. Bila tidak hati-hati, terdapat efek samping yang bisa merugikan kondisi jerawat dan kulit wajah.

Stiker jerawat bisa memiliki efek samping berupa iritasi, rasa terbakar, rasa menyengat, kulit terkelupas, dan kulit bersisik.

Meskipun acne patch dapat dijadikan alternatif untuk jerawat, tapi tetap penyembuhan jerawat juga harus dibarengi dengan hal lain. Tetaplah rajin membersihkan wajah, menggunakan skincare yang sesuai jenis kulit, tidak memencet jerawat secara sembarangan, dan tentunya pola hidup sehat.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.