Cara Mengirim Do'a untuk Orang yang Sudah Meninggal

Widaningsih
.
Selasa, 13 September 2022 | 11:40 WIB
Cara mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal (Foto: Pexels)

Jakarta, iNewsKarawang.id - Cara mengirim doa Surat Yasin untuk orang yang sudah meninggal beserta tata caranya penting diketahui oleh umat muslim. Dengan mengirimkan doa surat Yasin ini, diharapkan orang yang sudah meninggal atau ahli kubur (si mayit) itu mendapat manfaat serta ampunan dosa dari Allah Subhanahu wa ta'ala. 

Surat Yasin sendiri memiliki keutamaan untuk orang yang meninggal dunia tersebut sebagaimana disebutkan dalam hadis dari Ma'qol bin Yasar:

 اِقْرَءُوْا عَلَى مَوْتاَكُمْ يس 

"Bacalah untuk orang mati di antara kamu Surat Yasin." (Hadis Sahih Riwayat Ibnu Hibban/3064, juga diriwayatkan oleh Abu Daud/2714, Ibnu Majah/1438, Ahmad/19416, 19427, an-Nasai/10913, Al-Hakim/2028, Ath-Thobroni/16904, Al-Bayhaqi/2356, 8930).

Redaksi lain menyebutkan: 

"Bacakanlah surat Yasin atas orang yang hampir mati di antara kamu." (Riwayat Abu Dawud dan Nasa'i). Hadis ini sahih menurut Ibnu Hibban. (Bulughul Maram karya Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani).

Mengirim doa Surat Yasin untuk orang yang sudah meninggal ini, diawali dengan tawasul kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, para wali dan orang-orang saleh. 

Tawasul yakni mendekatkan diri kepada Allah swt dalam bentuk doa atau ibadah lainnya, dengan menggunakan perantara lain, seperti nama-nama Allah yang mulia (al-Asma’ al-Husna), sifat-sifat-Nya, amal shaleh, atau melalui makhluk Allah, baik dengan doanya atau kedudukannya yang mulia di sisi Allah.

Cara mengirim doa Surat Yasin ini penting diketahui agar pahala bacaan Surat Yasin sampai kepada si mayit atau ahli kubur. Berikut cara mengirim doa yasin untuk orang yang sudah meninggal: 

1. Berwudhu untuk menghilangkan hadats 

2. Bertawasul kepada Nabi Muhammad SAW lalu membaca Surat Al Fatihah 

3. Bertawasul kepada para nabi dan rasul, sahabat Nabi, tabi'in, para wali, syuhada dan orang-orang salih serta Syekh Abdul Qodir Al Jailani lalu baca Surat Al Fatihah 

4. Bertawasul kepada para ahli qubur, bapak dan ibu, serta nenek dan kakek hingga kepada guru lalu khususkan kepada si mayit dengan membaca Surat Al Fatihah. 

5. Membaca Al Fatihah 

6. Membaca Surat Yasin

Untuk diketahui, Surat Yasin memiliki fadhillah yang agung. Surat ke-36 dalam Al-Qur'an ini (terdiri dari 83 ayat) dijuluki sebagai jantungnya Al-Qur'an. Kandungan Surat Yasin meliputi pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah, peringatan kematian, hari akhir, kisah Nabi dan perjuangan para syuhada. 

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini