get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Jerawat Batu Memang Menyebalkan! Berikut 10 Cara Atasi Jerawat Batu

Kamis, 01 September 2022 | 15:13 WIB
header img
Ilustrasi Jerawat Batu. (Foto: Shutterstock)

5. Pakai aspirin dan air hangat

Menurut dokter kulit Joshua Zeichner, MD, kandungan asam salisilat tidak sepenuhnya menghilangkan minyak pada kulit wajah. Caranya, hancurkan aspirin dan tambahkan air hangat. Setelah menjadi pasta, aplikasikan pada kulit yang berjerawat.

6. Kunyit dan yoghurt

Asam laktat yang terkandung dalam yogurt membantu pengelupasan kulit secara ringan agar tetap bersih dan bebas jerawat untuk waktu yang lama. Caranya, campurkan 2 sdt yoghurt dan 1/2 sdt kunyit. Aplikasikan pada setiap jerawat yang ada, diamkan selama 15 menit, bilas dengan air mengalir.

7. Masker madu dan kunyit

Menurut dokter kulit, masker madu dan kunyit terbukti ampuh untuk mengatasinya. Campurkan setengah sendok teh kunyit yang sudah halus dan satu sendok makan madu. Aplikasikan dalam keadaan kulit wajah yang basah, diamkan selama 5 menit.

Kunyit memiliki kandungan anti pembengkakan, sementara madu memiliki kandungan antimikroba. Kedua bahan ini bisa mengurangi ukuran dan masalah jerawat.

8. Jangan pencet jerawat

Memencet dan mengeluarkan jerawat dapat menyebabkan masalah menjadi lebih buruk. Area yang terkena bisa menjadi merah, sakit dan terlihat lebih buruk dari sebelumnya. Memecahkan jerawat juga akan merusak kulit, sehingga ketika area tersebut sembuh maka bekas luka mungkin akan tertinggal.

9. Rajin mencuci muka dan menggunakan krim

Cara termudah untuk menyembuhkan kasus jerawat ringan adalah dengan menggunakan pencuci wajah atau krim jerawat. Pembersih ini akan menghilangkan minyak dan kotoran dari kulit dan mengeringkan area yang terkena. Krim memiliki bahan aktif melawan jerawat, sehingga sebagian besar kasus ringan mudah diobati.

10. Pakai es batu

Kamu juga bisa membungkus es batu dengan handuk lalu terapkan pada kulit yang berjerawat. Cara pengaplikasiannya, cukup tekan selama beberapa menit. Jangan terlalu kencang karena bisa melukai jerawat dan menyebabkan bakteri menyerang bagian tersebut.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut