Logo Network
Network

Jerawat Batu Memang Menyebalkan! Berikut 10 Cara Atasi Jerawat Batu

Tim Okezone
.
Kamis, 01 September 2022 | 15:13 WIB
Jerawat Batu Memang Menyebalkan! Berikut 10 Cara Atasi Jerawat Batu
Ilustrasi Jerawat Batu. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Memiliki jerawat batu terkadang dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri. Jerawat batu dapat timbul akibat wajah kita yang kotor, namun tak perlu khawatir karena jerawat batu akan sembuh dengan cara membersihkan wajah dan melakukan beberapa hal lainnya.

Jerawat baru seringkali dikaitkan dengan meningkatnya hormon, seperti testosterone yang memicu produksi sebum berlebih. Ini sebabnya jenis jerawat ini lebih sering terjadi pada masa pubertas, jelang menstruasi, kehamilan, atau perimenopause.

Tapi, jerawat batu juga muncul akibat pori-pori yang tersumbat oleh kelebihan produksi minyak dan sel kulit mati yang menumpuk. Pori-pori yang tersumbat ini dipenuhi nanah dan bakteri sehingga mengakibatkan peradangan.

Bila sudah mengalami jerawat batu, sebaiknya Anda para wanita menghindari penggunaan makeup sehingga tidak membuat kondisinya semakin parah. Untuk mengobati masalah jerawat batu, berikut adalah beberapa cara menghilangkan jerawat batu seperti dilansir Allure:

1. Asam salisilat

Jenis obat tradisional kurang ampuh dalam mengobati masalah jerawat batu. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat.

Dituturkan dermatologist yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Joshua Zeichner, kandungan asam salisilat berfungsi untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah dan menghilangkan masalah jerawat batu. Bagi Anda yang memiliki tipe kulit wajah kering, bisa menggunakan pembersih yang mengandung salisilat pada area wajah yang berjerawat.

2. Atasi pembengkakan

Anda bisa menggunakan es batu untuk mengatasi jerawat yang membengkak. Bungkus beberapa buah es batu dalam handuk, lalu terapkan pada area yang berjerawat. Cara ini bisa mengurangi kemerahan dan pembengkakan akibat jerawat baru. Anda bisa melakukan cara ini dalam interval 10 menit.

3. Membunuh bakteri

Kandungan benzoil peroksida dalam obat jerawat berfungsi untuk menghancurkan bakteri penyebab jerawat yang terjebak dalam folikel sehingga menimbulkan peradangan. Agar tidak terjadi iritasi, oleskan pelembap terlebih dulu. “Bila ada rasa terbakar atau menyengat saat pengaplikasian, Anda tahu perlu mencucinya,” kata Zeichner.

4. Gunakan tea tree oil

Kandungan anti mikorba di dalamnya berguan untuk mengurangi masalah jerawat. Cara pengaplikasiannya, pastikan campurkan tea tree oil dengan sedikit air. Mengaplikasikannya pada kulit wajah secara langsung bisa menyebabkan iritasi.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.