get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Hindari Minuman Berikut Ini Agar Terhindar dari Kolesterol Jahat! Salah Satunya Minuman Soda

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 14:19 WIB
header img
Ilustrasi Minuman Bersoda. (Foto: Timesofindia)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas mengenai minuman yang dapat meningkatkan kolesterol jahat. Minuman ini sebaiknya dihindari atau konsumsinya dibatasi agar tidak meningkatkan kolesterol. Yuk simak penjelasannya.

Kolesterol termasuk zat yang dibutuhkan bagi tubuh. Supaya jaringan tubuh tetap berfungsi dengan baik, tubuh memerlukan lemak dari kolesterol. Meski begitu tentu saja kadar kolesterol harus dalam batasan dan tidak boleh terlalu tinggi.

Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Manfaat dari kolesterol baik mampu membantu produksi vitamin D, kortisol dan masih banyak lagi. Sedangkan kolesterol jahat jika berlebihan akan membuat masalah dalam tubuh manusia.

Untuk itu, yuk cek minuman apa saja yang kolesterol jahatnya tinggi. Jangan sampai minuman yang kamu konsumsi justru membawa dampak buruk berkepanjangan. Berikut ulasan dari Okezone tentang 9 minuman penyebab kolesterol jahat meningkat.

9. Es krim

Mengonsumsi es krim terbukti dapat meningkatkan mood yang awalnya buruk menjadi lebih baik. Tapi ternyata dalam satu cup es krim saja mengandung banyak kolesterol. Bahkan jika kita membandingkannya dengan burger atau donat, kandungan kolesterol pada es krim jauh lebih banyak lagi.

8. Susu

Salah satu minuman penyebab kolesterol adalah susu . Minuman ini memang nikmat apalagi jika dikonsumsi hangat sebelum tidur. Namun sebaiknya konsumsi susu mulai dibatasi, apa lagi bagi pengidap kolesterol tinggi menahun. Selain menyebabkan kolesterol, susu juga kaya akan lemak jenuh.

7. Minuman bersoda

Minuman yang membuat kolesterol naik adalah minuman manis. Minuman bersoda tinggi akan gula. Sebuah penelitian menyebutkan orang yang sering mengonsumsi soda, kolesterol triglisrida akan naik. Dan itu sangat berbahaya bagi jantung.

6. Alkohol

Penelitian menyebutkan alkohol mengandung 7-9 kalori per gram dalam setiap penyajianya. Sedangkan yang dibutuhkan tubuh hanya 4 kalori per gram dalam sehari. Dari sini terlihat bahwa alkohol dapat membuat kadar kolesterol jahat meningkat.

5. Kopi

Bagi Anda penyuka kopi harus berhati-hati. Kopi termasuk salah satu minuman yang membuat kadar kolesterol jahat meningkat. Meski begitu, Anda dapat meminimalisirnya dengan menggunakan filter kertas kopi. Ini dapat membantu mengurangi senyawa penambah kolesterol dalam kopi.

4. Minuman berenergi

Meski sangat bermanfaat untuk menambah energi tubuh, sayangnya minuman ini juga menjadi penyebab kolesterol menjadi naik. Hal ini karena kandungan cafein di dalam minuman. Bahkan kandungannya lebih banyak daripada kopi lho!

3. Milkshake

Mengkonsumsi susu saja sudah dapat membuat kolesterol naik. Apalagi milkshake yang notabene berbuat dari campuran susu, gula, bahkan es krim. Minuman ini sudah pasti dapat membuat kadar kolesterol jahat meningkat.

2. Minuman dengan krimer

Krimer biasanya mengandung gula, minyak dan pengental minuman. Ini sangat berperan dalam meningkatkan kadar kolesterol jahat. Apalagi jika digabung dengan teh atau kopi. Bisa dipastikan dapat menjadi "double killer."

1. Es teh manis

Kembali lagi, semua minuman manis pasti akan meningkatkan kolesterol jahat. Es teh manis mengandung kadar gula sehingga akan meningkatkan kolesterol jahat. Mungkin bisa diakali dengan tidak memasukkan gula ke dalam teh. Tapi pasti tidak terlalu oke untuk dinikmati.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut