get app
inews
Aa Read Next : Yuk Simak ! 7 Minuman yang Paling Cepat Turunkan Gula Darah

Penderita Diabetes Wajib Stok, Minuman Ini Dapat Turunkan Gula Darah dalam 30 Menit

Rabu, 19 Juli 2023 | 10:41 WIB
header img
Beberapa minuman bisa menurunkan gula darah dalam waktu 30 menit. Minuman ini cocok dikonsumsi penderita diabetes karena produksi insulin yang tidak mencukupi. Foto/Getty Images

JAKARTA, iNewskarawang.id - Gula darah yang tinggi bisa meningkatkan risiko komplikasi serius. Untungnya, perubahan pola makan seperti mengonsumsi minuman tertentu adalah salah satu cara yang dapat dilakukan penderita diabetes agar tetap sehat.

Minuman ini cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes karena penyakit ini berasal dari produksi insulin yang tidak mencukupi, sehingga minuman ini bisa menurunkan gula darah dalam waktu 30 menit.

Dilansir dari Express, Senin (17/7/2023) teh kayu manis memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Bahkan, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes Research menemukan bahwa teh kayu manis dapat menurunkan gula darah postprandial dalam waktu 30 menit. Gula darah postprandial dianggap sebagai faktor penting dalam pengendalian gula darah.

Peneliti mengamati 30 orang dewasa non-diabetes berusia antara 20 hingga 53 tahun untuk menyelidiki apakah teh kayu manis berdampak pada pengukuran gula darah. Relawan secara acak dialokasikan ke dua kelompok.

Salah satunya adalah kelompok kontrol sementara yang lain menikmati minuman panas yang manis. Selain itu, para peserta diminta untuk tidak menelan kayu manis sehari sebelum intervensi.

Sampel darah dikumpulkan untuk setiap peserta pada 30 menit, 60 menit, 90 menit, dan 120 menit pada kelompok kontrol dan kayu manis. Temuan menunjukkan bubuk kayu manis menghasilkan penurunan signifikan kadar gula darah postprandial 30 menit setelah dikonsumsi.

Sementara penelitian ini hanya berfokus pada orang tanpa diabetes, penelitian lain juga memperhatikan hubungan yang menjanjikan antara kayu manis dan kadar gula darah. Misalnya, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Biochemistry and Biophysics juga menyoroti manfaat ini.

Studi yang dirilis pada 2007 menemukan bahwa menikmati enam gram kayu manis dengan satu porsi puding beras memperlambat pengosongan perut dan menurunkan kadar gula darah. Terlebih lagi, penelitian menyimpulkan bahwa kayu manis meningkatkan profil glukosa dan lipid penderita diabetes tipe 2.

Selain itu, tinjauan terhadap 10 percobaan dalam jurnal Annals of Family Medicine menemukan bahwa mengonsumsi kayu manis setiap hari secara signifikan menurunkan kadar gula darah dalam waktu sekitar empat hingga 18 minggu. Penelitian ini juga mengamati orang-orang yang menderita diabetes.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut