get app
inews
Aa Read Next : Susu Diminum saat Sarapan Sangat Ampuh Turunkan Gula Darah

Yuk Simak ! 7 Minuman yang Paling Cepat Turunkan Gula Darah

Selasa, 25 Juli 2023 | 10:37 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Jika kadar gula terlalu tinggi dapat memicu berbagai penyakit kronis seperti diabetes melitus.

Namun anda jsngan khawatir, ada 7 minuman sangat cepat untuk menurunkan gula darah bikin tubuh makin sehat. 

Berikut adalah 7 minuman yang paling cepat untuk menurunkan kadar gula darah dilansir dari Eatwell:

1. Air Putih

Minum air putih bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2. Menariknya, air meningkatkan volume darah, yang memicu pelepasan asam amino serta memengaruhi regulasi gula darah.

2. Kopi

Kopi memiliki senyawa tumbuhan, yang disebut fitokimia,agar mendukung kesehatan tubu. Salah satunya pada organhati dan pankreas bisa mempertahankan fungsi insulin (pengatur utama gula darah).

Dengan mengkonsumsi 1-2 cangkir kopi sehari, maka lonjakan gula darah akan dapat diredam. Terlebih apabila kopi tersebut diminum tanpa tambahan krim ataupun gula.

3. Teh Hitam

Senyawa teh membantu meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Para peneliti bahkan mengatakan komponen teh ini dapat dikembangkan menjadi produk yang suatu hari nanti dapat membantu mengelola diabetes.

4. Teh Hijau

Selain teh chamomile, teh hijau juga dapat digunakan untuk menurunkan gula darah. Hal ini karena teh hijau kaya akan polifenol yang menurunkan peradangan dan hormon stres. Namun sebagai catatan, tidak diperkenankan untuk menambah pemanis saat meminumnya.

5. Susu

Protein dalam susu sapi dapat membantu menurunkan respons glukosa darah setelah makan pada orang yang menderita diabetes.

Kandungan protein bisa memperlambat pencernaan dan meningkatkan respons insulin, sehingga memiliki efek positif pada kadar gula darah.

6. Jus Tomat

Serat dalam tomat dapat membantu memperlambat pencernaan, sehingga memperlambat kenaikan gula darah yang terjadi setelah makan.

7. Air Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, zat yang dapat menjaga kesehatan pankreas dan mencegah pradiabetes berubah menjadi diabetes tipe 2.

Studi ini memberikan beberapa wawasan tentang bagaimana rempah-rempah kuno seperti kunyit dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut