get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Do'a Bercermin Agar Dijauhkan dari Sifat Sombong

Minggu, 21 Agustus 2022 | 19:07 WIB
header img
Muslim jangan lupa untuk berdoa saat bercermin agar dijauhkan dari sifat takabur atau menyombongkan diri. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Bercermin merupakan cara orang untuk melihat penampilan dirinya sudah pantas dilihat atau enak dipandang baik saat bepergian ataupun berada di rumah. Namun, Muslim jangan lupa untuk berdoa saat bercermin agar dijauhkan dari sifat takabur atau menyombongkan diri dengan merasa dirinya paling bagus, cantik dan paling sempurna.

Doa bercermin dibaca dengan harapan agar penampilan seseorang bisa sesuai dengan akhlak atau kepribadiannya serta dijauhkan dari sifat sombong.

Berikut doa bercermin sesuai sunah Rasulullah SAW:

اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

latin: Allaahumma kamaa hassanta khalqii fahassin khuluqii.

Artinya, “Wahai Tuhanku, sebagaimana telah Kaubaguskan kejadianku, maka baguskanlah perangaiku,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Doa lain yang bisa dibaca saat bercermin yakni:

اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ

latin: Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya: “Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku”.

Doa lain ketika bercermin dan memakai pakaian atau perhiasan baru sebagaimana diriwayatkan Imam Ahmad dari Nabi SAW bersabda: Barang siapa memakai pakaian baru dan di saat memakainya hingga sampai pada tenggorokannya ia mengucapkan doa berikut,

"Segala puji bagi Allah yang telah memberi saya pakaian untuk menutupi aurat saya dan untuk memperindah penampilan dalam hidup saya," kemudian ia menuju ke pakaian bekasnya dan menyedekahkannya, maka ia berada di dalam jaminan Allah dan berada di sisi Allah serta berada di dalam pemeliharaan Allah selama hidup dan mati(nya).

Imam Ahmad mengatakan pula, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ubaid, telah menceritakan kepada kami Mukhtar ibnu Nafi’, dari Abu Matar, bahwa ia melihat Ali r.a. mendatangi seorang penjual kain, kemudian ia membeli sebuah baju gamis darinya dengan harga tiga dirham. Lalu ia memakainya di antara persendian tangan dan kedua mata kakinya. Ketika memakainya, ia mengucapkan doa berikut:

"Segala puji bagi Allah yang telah memberikan rezeki pakaian kepadaku untuk memperindah penampilanku di kalangan manusia dan untuk menutupi auratku. Ketika ditanyakan kepadanya, "Apakah doa ini darimu sendiri, ataukah engkau riwayatkan dari Nabi Saw.?" Ali r.a. menjawab bahwa doa itu ia dengar dari Rasulullah Saw yang membacakannya di saat memakai jubah, yaitu:

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut