Logo Network
Network

Do'a Sebelum Makan Sesuai Anjuran Nabi

Kastolani Marzuki/net Jakarta
.
Minggu, 21 Agustus 2022 | 11:57 WIB
Do'a Sebelum Makan Sesuai Anjuran Nabi
Doa sebelum makan merupakan perwujudan bentuk syukur bil lisan kita kepada Allah atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan. (Foto: iNews.id/ist)

JAKARTA, iNews.id - Doa sebelum makan perlu diamalkan Muslim agar makanan yang akan masuk ke tubuh menjadi berkah dan menyehatkan. Selain itu, setan tidak akan ikut makan karena sudah berdoa dengan menyebut nama Allah SWT.

Dalam sebuah hadits yang lain yakni hadits yang diriwayatkan Imam Muslim disebutkan bahwa setan bisa ikut makan malam bersama orang yang lupa menyebut nama Allah Swt. Tidak hanya itu, setan bahkan bisa menginap di rumahnya. Berikut haditsnya:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ  يَقُولُ إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لَا مَبِيتَ لَكُمْوَلَا عَشَاءَ وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرْ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَإِذَا لَمْ يَذْكُرْ اللهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَوَالْعَشَاءَ

Artinya: “Dari Jabir bin ‘Abdullah; Sesungguhnya ia mendengar Rasulullah Saw. bersabda: “Jika seseorang menyebut nama Allah Swt. saat hendak masuk rumahnya dan ketika hendak makan, maka setan berkata; “Kalian (bangsa setan) tidak bisa menginap dan tidak bisa makan!” Jika seseorang tidak menyebut nama Allah Swt. ketika hendak masuk rumahnya, maka setan berkata; “Kalian bisa masuk dan bisa menginap.” Jika seseorang tidak menyebut nama Allah Swt. sewaktu hendak makan, maka setan berkata; “Kalian bisa menginap dan makan malam.” (H.R. Muslim)

Makan dan minum merupakan kebutuhan pokok manusia. Selain agar tubuh sehat dan kuat, makan juga sebagai sarana untuk beribadah kepada Allah. Karena itu, sebelum dan sesudah makan maupun minum dianjurkan untuk membaca doa.

Berikut doa sebelum makan:

1. Membaca Basmalah

Doa sebelum makan merupakan perwujudan bentuk syukur bil lisan kita kepada Allah atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan. Rasulullah saw bersabda:

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia membaca ‘Bismillah’ (dengan menyebut nama Allah). Jika ia lupa membacanya sebelum makan maka ucapkanlah بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ (dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhir -aku makan-)” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

2. Doa keberkahan rezeki

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allohumma barrik lana fiima rozaktana waqina adzabannar. 

Artinya: "Ya Allah berkahilah kami atas rezeki yang telah Engkau beri, dan jagalah kami dari siksa api neraka."

Doa setelah makan:

أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِينَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي 

Alhamdulillahilladzii ath'amana wasaqoona waja'alana muslimiin.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makanan dan minuman dan menjadikan kami bagian dari orang-orang yang berserah diri."

Doa lain yang bisa dipanjatkan dalam versi panjang yakni:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي يُطعِم وَلَا يَطْعَم، ومَنَّ عَلَيْنَا فَهَدَانَا، وَأَطْعَمَنَا وسَقانا وَكُلَّ بَلاء حَسَن أَبَلَانَا، الْحَمْدُ لِلَّهِ غَيْرِ مُودّع وَلَا مكافَأ وَلَامَكْفُورٍ وَلَا مُسْتَغْنًى عَنْهُ، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا مِنَ الطَّعَامِ، وَسَقَانَا مِنَ الشَّرَابِ، وَكَسَانَا مِنَ الْعُرْيِ، وَهَدَانَا مِنَ الضَّلَالِ،وبَصَّرنا مِنَ العَمَى، وفَضَّلنا عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلًا الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Artinya: Segala puji bagi Allah Yang telah memberi makan dan tidak pernah makan, telah memberikan anugerah kepada kami hingga kami mendapat petunjuk, telah memberi kami makan dan minum, dan telah memberi kami pakaian hingga tidak telanjang, dan semua ujian baik yang Dia timpakan kepada kami. Segala puji bagi Allah dengan tidak meninggalkan Tuhanku, tidak merasa cukup, tidak ingkar, dan tidak dapat lepas dari-Nya. Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan memberi kami minum, memberi kami pakaian hingga tidak telanjang, memberi kami petunjuk dari kesesatan, memberi kami penglihatan dari kebutaan, dan mengutamakan kami di atas kebanyakan makhluk yang telah diciptakan-Nya dengan keutamaan yang sesungguhnya; segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.