get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Wajib Diketahui Seluruh Muslim, Ada 4 Keistimewaan di Bulan Ramadhan

Senin, 20 Maret 2023 | 23:14 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh Muslim. Pasalnya, Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa.

Dalam hitungan hari lagi umat Islam akan bertemu dengan bulan Ramadhan. Namun wajib diketahui seluruh Muslim, ada 4 keistimewaan di bulan Ramadhan.

Dilansir nu.or.id, berikut 4 keistimewaan bulan Ramadhan:

1. Penuh berkah

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Dalam hadits riwayat Imam Ahmad, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengatakan pada bulan ini pintu-pintu surga telah dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup. Bukan hanya itu, di bulan Ramadhan juga terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan yakni Lailatul Qadar.

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ

Artinya: “Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.” (HR. Ahmad).

2. Waktu paling baik sedekah

Dalam HR Tirmizi dikisahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah mendapatkan pertanyaan mengenai sedekah apa yang paling mulia. Lalu Rasulullah menjawab jika sedekah yang paling mulia adalah sedekah di bulan Ramadhan.

3. Waktu paling mustajab berdoa

Keistimewaan selanjutnya dari bulan Ramadhan adalah waktu paling mustajab berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dalam sebuah hadist berikut ini;

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٍ ؛دَعْوَةُ الصَّائِمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ

Artinya: “Ada tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir dan doa orang yang teraniaya.” (HR Baihaqi)
Penebusan dosa

Manusia pada hakikatnya adalah makhluk yang penuh dengan dosa. Pada bulan Ramadhan inilah terdapat keistimewaan untuk menebus dosa-dosa yang telat lewat dan juga penebus dosa di masa yang akan datang dengan syarat menjalankan puasa dengan ikhlas.

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berikut ini:

اَلصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمْعَةُ إلَى الْجُمْعَةِ وَرَمَضَاُن إلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاةٌ مَا بَيْنَهُنَّ إذَاجْتَنَبَ اْلكَبَائِرَ

Artinya: “Jarak antara shalat lima waktu, shalat jum’at dengan jum’at berikutnya dan puasa Ramadhan dengan Ramadhan berikutnya merupakan penebus dosa-­dosa yang ada diantaranya, apabila tidak melakukan dosa besar.”(HR Muslim)

Juga dijelaskan dalam sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang satu ini:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إيْمَا نًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya : “Barangsiapa berpuasa dibulan Ramadhan karena Iman dan mengharap pahala dari Allah maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim)

Demikian pembahasan mengenai 4 keistimewaan bulan Ramadhan. Wallahu a'lam bisshawab.
 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut