get app
inews
Aa Read Next : Jika Lolos Semifinal Piala AFF 2022, Ini 3 Calon Lawan Timnas Indonesia

Lewat Bantuan Shin Tae-yong, 5 Klub Korea Selatan yang Bisa Boyong Witan Sulaeman

Rabu, 27 Juli 2022 | 20:40 WIB
header img
Berikut 5 klub Korea Selatan yang bisa boyong Witan Sulaeman lewat bantuan Shin Tae-yong. (Foto: Instagram/@witansulaiman_)

Sekadar diketahui, Witan Sulaeman saat ini berstatus tanpa klub setelah kontraknya diputus sang klub, Lechia Gdansk.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, mengakui ada beberapa pemain Timnas Indonesia yang diburu klub-klub Korea Selatan.

Kendatipun sang agen, Dusan Bogdanovic, mengonfirmasi Witan Sulaeman tetap berkarier di Eropa, winger 21 tahun itu bisa saja berlabuh di Liga Korea Selatan. 

Shin Tae-yong pun mengaku siap membantu, seperti yang pernah dilakukannya untuk Asnawi Mangkualam. Berkat campur tangan Shin Tae-yong, Asnawi Mangkualam gabung Ansan Greeners dan menjadi pemain andalan klub tersebut.

"Memang ada klub Korea Selatan yang tertarik. Jadi, memang bisa membantu dari belakang (proses lobi) agar para pemain bisa berkarier di Korea Selatan," kata Shin Tae-yong kepada awak media yang juga dihadiri MNC Portal Indonesia, Kamis 6 Januari 2022.

"Tetapi, saya hanya bisa membantu sebatas itu saja. Langkah selanjutnya itu tugasnya agen dan pemain yang harus bisa mengurus administrasinya dengan baik," tambah pelatih yang membawa Seongnam Ilhwa Chunma juara Liga Champions Asia 2010 tersebut.

Berhubung sejak 2020 K League menerapkan regulasi untuk menggaet pemain asal Asia Tenggara, peluang Witan Sulaeman digamit klub Negeri Ginseng terbuka lebar. Lantas, siapa saja klub yang dimaksud?

Berikut 5 Klub Korea Selatan yang Bisa Boyong Witan Sulaeman Lewat Bantuan Shin Tae-yong:

1. Ansan Greeners

Sulit untuk tidak menyebut klub Korea Selatan yang satu ini. Ansan Greeners merupakan klub pertama Korea Selatan yang mendatangkan pemain asal Indonesia, yakni Asnawi Mangkualam.

Berkat kerja kerasnya, Asnawi Mangkualam menjadi pemain andalan Ansan Greeners dan baru-baru ini masuk best 11 pekan ke-28 K League 2022. Karena itu, betapa luar biasanya jika Witan Sulaeman gabung Ansan Greeners.

Umpan-umpan silang terukur dari Asnawi Mangkualam berpotensi dikonversi menjadi gol oleh Witan Sulaeman. Soal chemistry, Asnawi dan Witan tak perlu diragukan lagi, mengingat sudah bekerja sama sedari Timnas Indonesia U-19.

2. Daejeon Hana Citizen

Daejeon Hana Citizen kencang dikabarkan membidik Pratama Arhan pada awal tahun. Namun, isu tersebut menguap begitu saja.

Jika Witan Sulaeman hengkang ke klub ini, ia berpotensi merasakan atmosfer K League 1 2023. Sebab, Daejeon Hana Citizen yang saat ini tidak memiliki pemain Asia Tenggara tengah menduduki posisi dua klasemen sementara K League 2 2022.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut