get app
inews
Aa
Read Next : Berikut 8 Jenis Gandum yang Bermanfaat bagi Kesehatan Tubuh

Ternyata Alpukat Banyak Manfaatnya Lho! Begini Penjelasannya

Selasa, 26 Juli 2022 | 19:30 WIB
header img
Manfaat alpukat untuk kecantikan (Foto: Timesofindia)

Buah alpukat atau dengan nama latin Persea Americana adalah buah yang memiliki kandungan lemak tinggi. Bukan hanya tinggi lemak sehat, namun buah alpukat juga sebagai sumber vitamin E dan C yang baik bagi kesehatan tubuh.

Namun, tak hanya baik untuk mencegah berbagai penyakit, alpukat juga bisa untuk perawatan kecantikan. Berikut ini empat manfaat alpukat lainnya untuk kulit Anda, seperti dilansir dari laman Health Line.

1. Mencegah kulit kering

Alpukat adalah sumber biotin yang bagus, serta merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Biotin dikenal membantu mencegah kulit kering saat dioleskan. Ini juga dapat membantu mencegah rambut dan kuku rapuh.

2. Menenangkan Kulit

Menurut Maya Ivanjesku, kepala ilmuwan di LaFlore Probiotic Skincare, bahwasannya lemak, senyawa, dan vitamin yang ditemukan dalam alpukat dapat membantu mempercepat perbaikan kulit dan memperbaiki kondisi kulit kronis seperti eksim dan jerawat.

Selain itu, kata Ivanjesku, nutrisi yang sama ini dapat membantu memperbaiki kulit pecah-pecah dan meratakan warnanya.

3. Mencegah kerusakan kulit

Riset pada 2011 menunjukkan, bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan, dan peradangan akibat sinar matahari. Kerusakan ultraviolet (UV) pada kulit Anda dapat menyebabkan keriput, juga tanda-tanda penuaan lainnya, dan kanker kulit.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa keduanya vitamin C dan vitamin E yang ditemukan dalam alpukat, berperan penting dalam membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh matahari dan faktor lingkungan lainnya.

4. Meningkatkan elastisitas kulit

Sebuah studi tahun 2010 terhadap lebih dari 700 wanita, melihat hubungan antara kondisi kulit dan asupan lemak dan zat gizi mikro antioksidan.

Para peneliti menyimpulkan bahwa asupan lemak yang tinggi, terutama lemak tak jenuh tunggal yang sehat, seperti lemak yang ditemukan dalam alpukat dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut