get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

11 Deretan Makanan yang Mampu Redakan Hangover, Salah Satunya Sup Ayam

Rabu, 04 Januari 2023 | 15:47 WIB
header img
Sup Ayam. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai 11 deretan makanan yang mampu redakan hangover. Saat merayakan tahun baru beberapa hari lalu, sebagian dari mereka mengonsumsi minuman-minuman yang beralkohol.

Tak jarang pula ada yang meminumnya berlebihan hingga mabuk, sehingga hangover saat bangun pagi. Memang hanya sebagian kecil mereka yang pada akhirnya mabuk saat tahun baru, tapi jika kebetulan Anda atau teman Anda hangover, ada beberapa makanan yang bisa menetralkan gejalanya loh.

Hangover adalah sekumpulan gejala yang umum terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol. Gejala yang timbul bisa bervariasi, seperti sakit kepala, badan lemas, dan iritabilitas. Mual dan terus-menerus merasa haus juga umum dialami. Tingkat keparahan gejala umum berkorelasi dengan seberapa banyak alkohol yang dikonsumsi pada malam sebelumnya.

Biasanya, hangover bisa hilang sendiri setelah cukup istirahat. Namun, gejala-gejalanya tetap bisa mengganggu aktivitas. Jangan sampai hangover mengganggu hari pertama di tahun baru. Segera atasi dengan mengonsumsi makanan pereda mabuk alkohol, seperti dilansir dari KlikDokter.

Roti Gandum Panggang dengan Madu

Menurut Royal Society of Chemistry, mengolesi roti gandum panggang dengan madu saat sarapan dapat memberikan asupan natrium, kalium, dan fruktosa untuk mengembalikan kondisi tubuh saat hangover. Menurut sebuah studi dari Delta State University, Amerika Serikat (AS), madu dapat mempercepat proses eliminasi alkohol dari tubuh sebanyak 32 persen dan pastinya bisa jadi pilihan makanan penghilang pengar.

Semangka

Makanan untuk menghilangkan hangover berikutnya adalah semangka. Bila salah satu gejala hangover yang dirasakan adalah sakit kepala, itu berarti terjadi penurunan aliran darah ke otak. Nah, dengan makan semangka yang kaya akan L-citrulline, aliran darah dapat meningkat, sehingga nyeri kepala bisa berkurang.

Alpukat

Minuman beralkohol memiliki efek diuretik, sehingga membuat tubuh kehilangan elektrolit. Salah satu elektrolit atau ion dalam tubuh yang dapat mengalami penurunan adalah kalium. Konsumsi alpukat dapat memberikan tubuh asupan kalium yang dibutuhkan tubuh. Bahkan, para peneliti di Jepang telah menemukan lima senyawa dalam alpukat yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan organ hati.

Sup Ayam

Sebuah penelitian dari Universitas Negeri Iowa, AS, mengungkapkan, kaldu dari sup ayam lebih efektif menghidrasi daripada air putih dan ataupun minuman olahraga. Makanan setelah minum alkohol yang bisa kamu konsumsi antara lain sup ayam, sup daging, soto, mi rebus, atau makanan berkuah hangat lainnya juga bisa digunakan sebagai pengusir hangover. Selain lezat, sup dapat memasok kebutuhan natrium dan cairan dalam tubuh.

Bubur atau Oatmeal

Ingin makanan penetralisir alkohol yang biasa disajikan di pagi hari? Bubur adalah jawabannya! Namun, untuk menghilangkan efek mabuk, bubur yang disarankan adalah yang mengandung karbohidrat kompleks, misalnya oatmeal.

Oatmeal bisa melepaskan gula secara lambat dan stabil. Efeknya, suasana hati bisa meningkat sekaligus mengurangi rasa lelah berlebih. Sebagai bonus, serat larut dalam oatmeal dapat menurunkan penyerapan kolesterol jahat bila pada pesta tahun baru semalam kamu makan banyak makanan berlemak.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut