Logo Network
Network

Berikut 5 Makanan yang Miliki Sumber Lemak Baik, Salah Satunya Alpukat

Kezia Putri Sagita/Net_Okezone/Elsa Tiara Novanti
.
Jum'at, 20 Januari 2023 | 17:34 WIB
Berikut 5 Makanan yang Miliki Sumber Lemak Baik, Salah Satunya Alpukat
5 Makanan yang Miliki Sumber Lemak Baik. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai 5 makanan yang memiliki sumber lemak baik. Lemak seringkali diartikan sesuatu yang tidak sehat dan perlu dihindari. Padahal, tidak semua makanan berlemak itu berbahaya bagi tubuh. Contohnya adalah makanan yang mengandum lemak baik harus dikonsumsi secara rutin, bahkan boleh dikonsumsi setiap harinya.

Tubuh kita membutuhkan sumber energi yang berasal dari makanan yang memiliki lemak baik. Hal ini dapat membantu tubuh menyerap vitamin serta manfaat kesehatan lain.

Lemak baik yang sudah dikenal secara umum diantaranya adalah asam lemak omega-3 dan omega-6, keduanya dapat ditemukan dengan mudah di berbagai makanan nabati dan hewani.

Seperti dilansir The Healthy, berikut lima makanan yang mengandung lemak sehat dan harus rutin dikonsumsi.

1. Zaitun

Menurut banyak penelitian, buah dan minyak zaitun dapat melindungi jantung dan melawan diabetes. Bisa juga menggunakan minyak kanola dan kacang tanah.

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik sebanyak double cheeseburger makanan cepat saji. Dengan menambahkan alpukat ke dalam makanan, bisa secara signifikan menurunkan kolesterol LDL yang tidak sehat dan lemak darah lainnya.

3. Cokelat hitam

Separuh lemak dalam cokelat berasal dari lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Namun, hanya cokelat hitam yang mengandung konsentrasi tinggi antioksidan dan menyehatkan jantung. Ini bisa menurunkan tekanan darah serta melindungi jantung dengan cara lain.

4. Selai kacang, kacang-kacangan, dan biji-bijian

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang setiap hari dapat menurunkan ancaman serangan jantung hingga 35 persen. Satu porsi selai kacang setiap hari juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 21 persen.

5. Ikan

Makanan laut adalah sumber asam lemak omega-3 terbaik untuk sistem kardiovaskular dan kesehatan secara keseluruhan. Dua porsi ikan berminyak seperti salmon dan makarel Atlantik dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 36 persen.

Nah itulah ulasan mengenai makanan yang miliki sumber lemak baik.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul Ini 5 Makanan Sumber Lemak Baik, Cocok Dikonsumsi Setiap Hari

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini