get app
inews
Aa Read Next : Mudah Dibuat di Rumah, Berikut 3 Rekomendasi Menu Masakan Gulai

Hilangkan Bau Amis Pada Ikan! Berikut Tipsnya

Rabu, 06 Juli 2022 | 20:04 WIB
header img
Tips hilangkan bau amis ikan sebelum dimasak (Foto: YouTube/Pawon Mak Zaki)

Ikan merupakan salah satu hewan yang memiliki banyak nutrisi dan vitamin, maka dari itu ikan dibutuhkan oleh tubuh manusia. Olahan ikan dapat menjadi hidangan lezat dan dapat dimasak dengan beberapa menu makanan. Namun, sebagian orang tak dapat mengolah ikan dengan baik. Ikan memiliki bau amis yang terkadang merusak aroma makanan.

Ikan yang bau amis dan aromanya tidak sedap, akan berpengaruh terhadap hasil masakan Anda. Sehingga saat disajikan tidak lagi menjadi selera, apalagi untuk dijual, jangan sampai pelanggan menjadi hilang.

Lalu bagaimana cara mengatasi agar ikan tidak berbau amis? Dikutip dari channel YouTube Pawon Mak Zaki, begini caranya supaya ikan tidak amis ketika dimasak.

Pertama-tama siapkan ikan sekitar 1 kilo gram, kemudian keluarkan dan bersihkan isi perutnya. Lalu belah atau disayat-sayat bagian pinggirnya, supaya bagian dalamnya tidak ikut amis. 

"Ikannya bisa apa saja," terang Mak Zaki. 

Kemudian beri air secukupnya untuk merendam ikan. Tambahkan satu buah air jeruk nipis, peras, campurkan ke dalam airnya. Aduk-aduk agar tercampur rata.

Setelah itu, tambahkan satu sendok garam, aduk kembali agar tercampur rata. Kalau dirasa sudah tercampur, diamkan selama 30 menit. 

Setelah 30 menit tiriskan, lalu tinggal dimasak seperti digoreng atau olahan lainnya. 

Jika Anda ingin mengolahnya dengan cara digoreng, panaskan minyak di dalam penggorengan. Setelah itu baru masukan ikan, tunggu sampai matang dan luarnya menjadi krispi.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut