get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

5 Deretan Makanan yang Membantu Pembentukan Otot, Salah Satunya Kedelai

Rabu, 18 Januari 2023 | 11:05 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai makanan yang membantu pembentukan otot. Pembentukan otot dapat dilakukan oleh beberapa faktor. Tak hanya latihan fisik saja, makanan pun dapat berperan penting untuk pembentukan massa otot.

Dilansir dari CNET, Rabu (18/1/2023), berikut 5 makanan berprotein yang membantu pembentukan otot:

1. Kacang

Saat dimakan dalam jumlah sedang, kacang adalah pilihan yang sangat baik untuk membangun otot. Camilan lezat ini menawarkan perpaduan sempurna antara protein, lemak, dan serat, menjadikannya salah satu cara paling seimbang untuk melengkapi latihan Anda.

Namun, harus tetap berhati-hati, karena banyak kacang (termasuk kacang tanah, yang sebenarnya adalah polong-polongan), mengandung kalori yang tinggi. Untuk pilihan paling kaya nutrisi, cobalah almond atau kenari.

2. Kedelai

Jika Anda mencoba membentuk otot, dengan pola makan tanpa daging, kedelai harus menjadi salah satu teman terdekat Anda.

Kedelai adalah salah satu legum paling padat nutrisi yang bisa dikonsumsi, serta mengandung protein yang kuat untuk membantu membangun otot. Kedelai mengandung kesembilan asam amino esensial, yang menjadikannya salah satu sumber protein nabati terbaik yang tersedia.

3. Telur

Telur sangat kaya nutrisi, mulai dari lemak, protein, dan termasuk campuran vitamin yang kuat seperti B12, B6 dan thiamin. Yang paling penting adalah telur juga mengandung leusin dosis tinggi. Asam amino ini dikenal karena kehebatannya dalam membangun otot.

4. Greek Yogurt

Susu adalah sumber protein yang unik, karena menyediakan kombinasi whey protein yang cepat dicerna, dan protein kasein yang lambat dicerna.

Saat dikonsumsi bersamaan, kedua jenis protein ini dapat meningkatkan dan memperpanjang proses sintesis protein, yang dilalui otot saat masa pemulihan.

Greek Yogurt merupakan pilihan produk susu yang sangat bagus. Karena, mengandung protein dua kali lipat dibandingkan dengan yogurt biasa, dan menawarkan manfaat kesehatan probiotik tambahan yang tidak dapat ditemukan dalam susu atau keju.

5. Ikan

Jika Anda sudah mendapatkan cukup lemak dalam makanan, tetapi perlu meningkatkan asupan protein, tidak perlu mencari yang lain selain ikan.

Ikan adalah salah satu sumber protein tanpa lemak terbaik yang bisa Anda makan, dan penuh dengan vitamin serta mineral lainnya. Ikan dikemas dengan asam lemak omega-3.

Omega-3 juga dapat meningkatkan kinerja otot dan membantu mencegah hilangnya massa otot. Salmon dan tuna adalah pilihan makanan pembentuk otot yang sangat baik.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut