Logo Network
Network

Deretan Makanan Ini Dapat Membuat Kulit Lebih Cerah! Salah Satunya Alpukat

Tim Okezone
.
Rabu, 06 Juli 2022 | 20:00 WIB
Deretan Makanan Ini Dapat Membuat Kulit Lebih Cerah! Salah Satunya Alpukat
Biji bunga matahari (Foto: Healthyfy me)

Kebanyakan masyarakat Indonesia ingin memiliki kulit cerah dan putih. Tak jarang, sebagian orang melakukan suntik putih. Pahadal suntik putih sangat berbahaya bagi efek jangka panjang pada tubuh, hal ini lantaran suntik putih memiliki banyak risiko berbahaya.

Nah, Bestie jika ingin kulit lebih cerah tak usah suntik putih. Cukup konsumsi berbagai makanan berikut ini dan melakukan perawatan kulit dengan baik. 

Penasaran apa saja makanan yang dapat mencerahkan kulit? Simak yuk. 

1. Kiwi 

Kiwi merupakan buah yang memiliki lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang menjaga kulit dari serangan radikal bebas. 

Selain enak dimakan langsung, kiwi juga cocok dijadikan taburan (topping) di atas berbagai kudapan, misalnya yoghurt rendah lemak. Jadikan yoghurt kiwi sebagai salah satu makanan yang membuat kulit tampak putih dalam diet sehari-hari. 

2. Biji Bunga Matahari 

Secara umum, kacang-kacangan dan biji-bijian baik unutk menjaga kesehatan kulit, termasuk biji bunga matahari. Satu ons bunga matahari mengandung vitamin E untuk memenuhi 49 persen asupan yang direkomendasikan harian. Selain itu, makanan yang dapat mencerahkan kulit tersebut juga kaya akan selenium, zinc, dan protein, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. 

3. Ubi 

Tak disangka-sangka, ubi kaya akan vitamin C yang sempurna untuk membantu kulit dalam kondisi baik. Ubi juga mengandung potassium dan serat yang tinggi. Beberapa jenis ubi yang berwarna jingga terang juga merupakan sumber beta-karoten yang sangat baik. 

Beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, yakni salah satu vitamin penting untuk kecantikan kulit. Anda bisa merebus dan memanggang ubi, atau mencampurkan potongan ubi matang ke dalam semangkuk salad. 

4. Alpukat 

Siapa yang meragukan alpukat sebagai makanan untuk mencerahkan kulit? Alpukat kaya akan vitamin E, yaitu jenis antioksidan yang sangat penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan awet muda. 

Sekitar 1/2 buah alpukat menyediakan 14 persen kebutuhan harian vitamin E Anda. Kandungan vitamin C dari alpukat juga sangat tinggi, yaitu mencapai 11 persen dari kebutuhan harian. 

5. Paprika 

Paprika juga tergolong sebagai makanan untuk mencerahkan kulit. Paprika kaya akan beta-karoten. Selain itu, paprika juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu produksi kolagen. Kolagen dapat menjaga agar kulit Anda tetap kenyal, kuat, dan cerah, sehingga tampak lebih putih. 

6. Brokoli 

Sayuran berwarna hijau ini kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang bisa menjaga kesehatan kulit. Beberapa di antaranya adalah zink, vitamin A, dan vitamin C. Makan brokoli secara rutin dan dalam porsi secukupnya dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang cerah dan terlihat lebih putih.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini