get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

4 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan Wajah

Minggu, 15 Januari 2023 | 20:06 WIB
header img
Minyak zaitun. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai manfaat minyak zaitun bagi kecantikan wajah. Minyak zaitun sudah dikenal sejak dahulu kala, minyak ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain untuk kesehatan tubuh, minyak zaitun juga dipercaya memiliki manfaat bagi kecantikan seperti pada wajah serta rambut.

Bahkan, manfaat minyak zaitun untuk wajah ternyata terbukti secara ilmiah, lho. Laman Medical News Today coba menjelaskan lebih rinci terkait hal tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Anti-penuaan

Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang baik untuk anti-penuaan. Tak hanya itu, penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun yang dioles ke kulit wajah sebagai sunscreen dapat melawan sel penyebab kanker.

2. Obat kulit

Mengoleskan minyak zaitun ke kulit juga dapat bermanfaat sebagai obat kulit. Minyak zaitun kaya akan vitamin A,D,E, dan K yang larut dalam lemak. Vitamin-vitamin ini jika dipergunakan secara topikal (langsung dioles ke kulit) dapat mengobati berbagai kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim.

3. Antibakteri

Minyak zaitun terbukti punya manfaat yang baik untuk antibakteri. Namun, bukti penelitian dikaitkan dengan bakteri kulit masih sangat sedikit.

Satu studi kecil dikerjakan untuk melihat efek penggunaan minyak zaitun dan minyak kelapa pada bakteri Staphylococcus aureus di kulit. Hasilnya, kedua minyak alami itu menunjukkan sifat antibakteri, tetapi kelapa murni lebih efektif dalam menghilangkan bakteri.

"Meski demikian, minyak zaitun dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada kulit. Minyak ini juga dapat meningkatkan penyembuhan tukak kaki yang disebabkan oleh diabetes tipe 2," terang laman kesehatan tersebut.

4. Melembapkan kulit

Minyak zaitun dapat berfungsi juga sebagai moisturizer alami kulit. Tak anya kulit, minyak ini juga bisa dipakai ke rambut secara langsung, lho.

Demikian manfaat minyak zaitun untuk wajah. Jika terjadi reaksi yang kurang baik setelah pemakaian minyak zaitun, ada baiknya tidak dilanjutkan atau berkonsultasi dengan dokter kulit Anda, ya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut