Logo Network
Network

Waduh Ternyata Begini 7 Bahaya Kulit Kering! Simak Penjelasannya

Tim Okezone/Elsa Tiara Novanti
.
Senin, 23 Januari 2023 | 18:42 WIB
Waduh Ternyata Begini 7 Bahaya Kulit Kering! Simak Penjelasannya
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai bahaya kulit kering. Memiliki kulit yang kering memangkan menjengkelkan, seringkali dapat mengganggu penampilan dan membuat seseorang kurang percaya diri.

Kulit kering dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya karena polusi udara, terlalu lama di ruangan ber-AC, paparan sinar UV sampai dehidrasi akibat kekurangan air mineral.

Kebanyakan  orang seringkali meninggalkan perawatan kulit seperti menggunakan primer atau serum, setting spray, face mist. Hal ini lantaran masih banyak orang awam yang menutupi kekurangan kulit wajah hanya menggunakan make up saja. Padahal kulit wajah juga perlu dirawat menggunakan skincare.

Penasaran apa saja yang menjadi bahaya pada kulit kering? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Kulit terlihat kusam dan kasar: Kulit kering bisa bikin penampilan jadi kurang menarik karena teksturnya yang cenderung kaku dan tidak kenyal. Akibatnya, kulit terlihat tak sehat dengan tekstur yang terlihat kusam dan kasar.

2. Terlihat lebih cepat tua: Kulit kering bisa membuat seseorang menjadi terlihat lebih tua. Ini karena pada saat kulit kering, garis-garis halus di kulit menjadi lebih terlihat jelas. Sehingga mudah keriput dan kerut, ini karena kulit kehilangan sifat kekenyalan alaminya.

3. Gampang alergi: Kulit kering bikin kemampuan perlindungan kulit menurun. Imbasnya, kulit lebih rentan dan sensitif terhadap zat penyebab alergi, tak hanya pada bahan kosmetik atau skincare, tapi juga debu dan lingkungan sekitar.

4. Lebih gampang terserang penyakit: Ya, kulit kering lebih rentan terhadap kuman dan penyakit lainnya. Mengingat kulit yang kering ada mikrolesi yang dapat menjadi pintu masuk bagi kuman. Akibatnya dapat meningkatkan risiko infeksi pada kulit. Duh seram ya!

5. Rapuh, mudah luka, dan lecet: Mengapa? Karena gesekan atau benturan ringan saja bisa menyebabkan luka. Sedangkan pada kulit lembap, kulit dapat berfungsi sebagai bantalan yang melindungi terhadap gesekan maupun benturan.

6. Gatal dan infeksi: Pasalnya, kulit yang kering mencetuskan reaksi peradangan pada kulit. Walau awalnya peradangan ini bersifat ringan, tapi karena akibat garukan reaksi peradangan kulit biasanya menjadi semakin hebat dan bikin gatal yang lebih kuat dan akhirnya muncul luka akibat garukan.

7. Banyak jerawat tiba-tiba: Kulit yang kering akan menjadi semakin sensitif dan reaksi peradangan akibat jerawatnya semakin hebat. Sering kali justru akan timbul acne break out atau munculnya banyak jerawat secara mendadak.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini