get app
inews
Aa Read Next : Berikut 8 Jenis Gandum yang Bermanfaat bagi Kesehatan Tubuh

Waspada! Begini Bahayanya Jika Rutin Minum Teh Celup

Senin, 27 Juni 2022 | 17:37 WIB
header img
Ilustrasi Teh Celup. (Foto: Shutterstock)

Teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun saat ini masyarakat lebih menyukai menyeduh teh celup lantaran menghemat waktu dan tidak meninggalkan ampas pada teh.

Nah, buat Anda yang doyan minum teh di pagi hari menggunakan teh celup, sebuah studi terbaru mengungkap bahwa Anda mungkin minum mikroplastik, karena kantong teh celup apalagi yang menggunakan plastik premium.

Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari McGill University di Montreal, menunjukkan bahwa satu kantong teh celup plastik dapat melepaskan partikel berbahaya ke dalam cangkir Anda 11,6 miliar mikroplastik dan 3,1 miliar nanoplastik.

Ketika bakteri air terkena minuman yang mengandung plastik, mereka menunjukkan efek perilaku yang signifikan dan malformasi perkembangan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Science and Technology.

"Partikel tidak membunuh bakteri air, tetapi menyebabkan efek perilaku yang signifikan dan malformasi perkembangan," kata Nathalie Tufenkji dari McGill kepada New Scientist seperti dilansir dari downtoearth

Mikroplastik adalah plastik yang berukuran kurang dari lima milimeter. 

Mereka akan berjumlah hampir 16 mikrogram atau seperenam puluh miligram plastik dalam satu cangkir, CBC News melaporkan. Ini lebih tinggi dari muatan plastik yang dilaporkan sebelumnya dalam makanan lain seperti bir, madu, ikan dan kerang, ayam, garam, air kemasan.

“Garam meja yang memiliki kandungan mikroplastik relatif tinggi, dilaporkan mengandung sekitar 0,005 mikrogram plastik per gram garam,” Tufenkji di McGill dikutip dari New Scientist.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut