Deretan Maskapai Dunia yang Izinkan Penumpang Tanpa Pakai Masker

Intan Afika Nuur Aziizah
Ilustrasi (Foto: Instagram/@british_airways)

5. Virgin Atlantic (Amerika Serikat)

Virgin Atlantic mengubah kebijakan penggunaan masker pada 16 Maret, mengizinkan para penumpang untuk memilih apakah mereka mengenakan masker, termasuk pada penerbangan ke Barbados, St. Lucia, Antigua, Grenada, Bahama, Jamaika, St. Vincent & Grenadines, dan Trinidad & Tobago.

Namun, penumpang berusia di atas 12 tahun yang hendak bepergian ke atau dari New Delhi dan Mumbai (India), Islamabad dan Lahore (Pakistan), Hong Kong, Johannesburg (Afrika Selatan), Lagos (Nigeria), Shanghai (China), dan Tel Aviv (Israel) masih tetap wajib mengenakan masker.

6. Norwegian (Norwegia)

Mulai 4 April 2022, masker tidak lagi wajib dipakai pada penerbangan di seluruh Jaringan Norwegia karena panduan baru di Eropa. Karena banyak negara melonggarkan pembatasan pemakaian masker, Norwegia pun membebaskan penumpang apakah mereka ingin memakai masker saat penerbangan atau tidak. Persyaratan masker sendiri memang telah dicabut di seluruh Skandinavia pada 12 Februari 2022.

7. SAS (Swedia)

Maskapai penerbangan Swedia, SAS telah menghapuskan persyaratan masker pada penerbangan domestik serta penerbangan di dalam Skandinavia, tetapi penumpang berusia 6 tahun ke atas masih harus memakainya.

Perlu diketahui, untuk penerbangan yang memberlakukan pemakaian masker, masker buatan sendiri dan masker kain tidak diterima.

8. TUI (Inggris)

Maskapai Inggris TUI mengizinkan para pelancong untuk melepaskan masker mereka. Namun maskapai tetap mewajibkannya untuk pelancong berusia 12 tahun ke atas jika mereka terbang ke atau dari Wales atau Skotlandia. Penumpang berusia 2 tahun ke atas juga harus mengenakan masker jika mereka bepergian ke AS, dan penumpang berusia 6 tahun ke atas harus mengenakan masker jika mereka bepergian ke Italia.

9. KLM (Belanda)

Pemerintah Belanda menghapus persyaratan untuk memakai masker di transportasi umum pada 23 Maret 2022, kecuali di pesawat dan di bandara. Meski demikian, KLM telah bersumpah untuk berhenti menerapkan kebijakan maskernya.

Itulah tadi 9 maskapai penerbangan yang izinkan penumpangnya tidak memakai masker. Sayangnya, maskapai penerbangan di Indonesia tidak satupun yang termasuk di dalamnya. Maskapai di tanah air masih konsisten mewajibkan masker demi menekan laju penyebaran Covid-19.

Editor : Boby

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network