Begini Penjelasan IOC soal Timnas Israel U-23 di Olimpiade Paris 2024, Meski Dicoret FIFA?

Ramdani Bur/Boby
Timnas Israel U-23 tetap mentas di Olimpiade Paris 2024 sekalipun dicoret FIFA. (Foto: REUTERS)

Karena itu, kabarnya FIFA akan menggelar kongres darurat pada Sabtu, 20 Juli 2024. Di tanggal tersebut, FIFA akan memutuskan apakah mereka bakal mendepak Israrel atau tidak.

Jika pun FIFA mencoret, kabarnya IOC tetap mengizinkan Israel U-23 ambil bagian di Olimpiade Paris 2024. Penyebabnya karena Olimpiade Paris 2024 berada di bawah naungan Komite Olimpiade Internasional (IOC), bukan FIFA.

Sekarang pertanyaan muncul, apa yang membedakan kenapa Israel tak kunjung dijatuhi hukuman oleh IOC dan FIFA? Di saat bersamaan, Rusia langsung terkena banned IOC dan FIFA tak lama melakukan serangan kepada Ukraina.

“Sanksi terhadap Rusia didasarkan fakta bahwa Rusia dan Komite Olimpiade Rusia (ROC) telah melanggar elemen penting Olimpiade, yakni Piagam Olimpiade,” kata Pierre-Olivier Beckers selaku anggota IOC dan presiden Komisi Koordinasi Olimpiade, Okezone mengutip dari Marca, Senin (20/5/2024).

“Rusia dihukum karena melakukan aneksasi (pencaplokan secara paksa) terhadap organisasi olahraga di beberapa wilayah Ukraina. Di saat bersamaan, Komite Olimpiade Israel dan Palestina hidup berdampingan secara damai,” lanjut Pierre-Olivier Beckers.

Berkaca kepada fakta di atas, Timnas Israel U-23 disinyalir tetap bermain di Olimpiade Paris 2024 sekalipun dibanned oleh FIFA. Jadi, siap memberi sanksi tegas kepada Israel, IOC dan FIFA?

Editor : Boby

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network