PT Uni-Charm Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Dukung Pemerintah Wujudkan Net Zero Emission

Frizky Wibisono
PT Uni-Charm Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Dukung Pemerintah Wujudkan Net Zero Emission (Foto : iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - PT Uni-Charm Indonesia Tbk meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan total 12 MWp di 3 pabriknya di Indonesia, Selasa, (30/5/2024).

Bertempat di Pabrik Factory 1 Karawang International Industrial City (KIIC) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, peresmian itu disambut antusias oleh stakeholder yang hadir karena membawa dampak positif bagi lingkungan.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur PT Uni-Charm, Takumi Terakawa mengatakan, penggunaan pembangkit listrik tenaga surya di 3 pabriknya dalam rangka mendukung program pemerintah Net Zero Emission yang ditargetkan terealisasi pada 2060 mendatang.

"Seiring dengan meningkatnya emisi gas rumah kaca yang disebabkan dari aktivitas industri, transportasi maupun penggunaan energi, hal ini mengakibatkan pemanasan global dan peningkatan suhu. Karena itu untuk mencegah semakin parahnya pemanasan global dan perubahan iklim, Pemerintah gencar mempromosikan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT), dan saat ini kami mendukung Pemerintah untuk merealisasikan program Net Zero Emission dengan menerapkan PLTS," ujarnya.

Selain itu, PT Uni-Charm Indonesia Tbk juga mengumumkan pembelian REC (Renewable Energy Certificate) sejumlah 143 unit dari PLN untuk Factory 1 Karawang per Januari 2024. Jumlah REC ini akan terus ditambah secara bertahap sesuai dengan peta jalan Energi Baru Terbarukan (EBT) PT Uni-Charm Indonesia Tbk yang sudah ditentukan.

"Dengan upaya ini, maka 16,000,000 kWh per tahun energi yang dihasilkan dari 3 pabrik berhasil dialihkan ke green energy, dan berkontribusi mengurangi lebih dari 14,000 ton CO2 yang dihasilkan dalam 1 tahun," paparnya.

Di sisi lain, PT Uni-Charm Indonesia Tbk yang telah lebih dari 25 tahun mengembangkan bisnisnya di Indonesia meyakini bahwa untuk merealisasikan target yang dicanangkan Pemerintah, diperlukan dukungan dengan tindakan konkrit termasuk dari pihak swasta, dan menyadari sebagai Perusahaan memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi menjaga lingkungan demi masa depan.

Ditempat yang sama, Manager PT PLN (Persero) UP3 Karawang mengatakan, H. Imam Ahmadi, ST., MEE.,IPM., ASEAN Eng mengungkapkan rasa terimakasih kepada PT Uni-Charm karena telah percaya menggunakan REC dari PLN.

 "REC adalah inovasi produk listrik hijau PLN yang mempermudah pelanggan mendapatkan pengakuan atas penggunaan EBT yang diakui Internasional. Untuk selanjutnya kami dari PLN akan terus mempenetrasikan penggunaan green energy," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala ESDM Provinsi Jawa Barat, Ai Saadiyah Dwidaningsih mengapresiasi langkah PT Uni-Charm Indonesia Tbk karena telah membantu pemerintah dalam mewujudkan program Net Zero Emission.

"Kami mengapresiasi PT Uni-Charm Indonesia Tbk yang telah secara aktif berupaya menggunakan energi baru terbarukan. Penggunaan energi baru terbarukan dalam skala besar sangat penting dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. Selain itu, hal ini juga mutlak diperlukan demi mencapai target yang telah dicanangkan Pemerintah. Semoga ini bisa menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk bersinergi bersama dalam mengurangi emisi," tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network