Perdagangan Manusia hingga Bahaya Medsos Disinggung KAJ dalam Khotbah Natal

Achmad Al Fiqri , MNC Portal
Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Sejumlah fenomena  pada perayaan Natal. seperti perdagangan manusia disinggung Keuskupan Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo dalam khotbahnya. 

"Perdagangan manusia di Indonesia terbilang tinggi. Hal itu saya ketahui setelah membaca salah satu surat kabar,"ujar Suharyo di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu (25/12/2022).

Menurut Suharyo, perdagangan manusia adalah kejahatan yang paling besar bersama narkoba dan senjata. Sadarkah kita akan realitas ini? Di mana hari ini kita menerapkan Natal?" tutur Suharyo 

Tak hanya itu, Suharyo juga menyoroti terkait sampah makanan di Indonesia. Ia memperkirakan, nilai sampah makanan di Indonesia mencapai Rp330 triliun. Atas informasi itu, Suharyo merasa prihatin.

"Sementara saudara-saudara kita sebangsa yang belum mampu kebutuhan makanannya. Pedulikah kita akan hal ini?" ucapnya.

Selanjutnya, Suharyo juga menyinggung dampak negatif pengguna sosial media. Ia menyadari bahwa banyaknya berita bohong yang berseliweran di jagat maya. Apalagi, berdasarkan data yang dihimpun tersapat 62% konten SARA yang menciderai persatuan Indonesia.

"Penelitian yang lain ada kurang lebih 800.000 situs penyebar berita bohong, yang pasti menghambat cita-cita kita untuk membangun kemanusian yang adil dan beradab," terang Suharyo.

"Selamat hari raya Natal kepada anda sekalian, semoga sang firman Yesus yang menjadi manusia tidak hanya tinggal di antara kita, tetapi tinggal di diri kita," tambahnya.

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network